Ikan Duyung 10 Meter Ditemukan Mati Terdampar di Tolitoli

0
469
MEMBUSUK: Bangkai dugong atau ikan duyung yang tergeletak di pantai Desa Santigi, Kecamatan Tolitoli Utara, Senin (2/1). (Foto Dinas Perikanan Tolitoli).

TOLITOLI – Warga di pesisir pantai Desa Santigi, Kecamatan Tolitoli Utara, dikejutkan dengan terdamparnya ikan duyung yang bobotnya diperkirakan mencapai ribuan kilo (ton).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Tolitoli, Ir Hardiyan, MSi, mengatakan laporan masyarakat, bahwa ikan yang juga dikenal dengan nama dugong tersebut, sudah beberapa hari lalu terdampar.

“Saya kemudian ajak petugas dari karantina untuk turun melihat langsung ke lapangan,”kata Hardiyan, dihubungi Senin (2/1).

Sampai di lokasi, Hardiyan kemudian mengukur panjang ikan. Diperoleh informasi, panjang ikan sekitar 10 meter. Beratnya, tidak diperoleh informasi pasti, sebab tidak ada peralatan untuk mengukur bobot ikan tersebut.

“Tapi bisa lebih dari satu ton,”tambah Hardiyan.

Saat ini, bangkai ikan tersebut masih dibiarkan tergeletak di pantai desa yang terletak di kawasan Tanjung Santigi tersebut. Kata Hardiyan, ikan yang dilindungi dan termasuk jenis mamalia itu, akan dikubur di sekitar lokasi ditemukan.

“Kita masih tunggu alat berat. Kita kubur di sekitar sini (Tanjung Santigi) saja, karena kerangkanya ini, ada unsur edukasinya,”kata Hardiyan.(hnf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.