Pemerintah Pusat akan Bangun Sekolah Gratis di Sigi

0
250
Ilustrasi (foto: jpnn.com)

SIGI – Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), berencana membangun sekolah gratis untuk anak-anak yang putus sekolah di wilayah Kabupaten Sigi. Sekola tersebut sekaligus menjadi sekolah gratis percontohan.

Wakil Bupati Sigi, Paulina Martono SE MSi di Harain Umum Radar Sulteng, Kamis (5/1) mengatakan, pembangunan sekolah gratis ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran serta menciptakan generasi bangsa yang cerdas.

Sekolah gratis ini sebut Wabup, merupakan sekolah kejuruan yang mengembangkan keahlihan serta keterampilan sehingga dapat mudah mendapatkan pekerjaan serta dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

“Setelah lulus ia mungkin bisa bekerja di bengkel, bisa tahu bagaimana mengembangkan hasil pertanian serta berbagai keahlian lainnya,” ujar Wabup.

Lokasi sekolah tersebut kata Paulina, rencananya akan dibangun di lokasi yang berdekatan dengan Sekolah SMK 1 Biromaru. Hal ini juga sudah dibicarakan antara Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemerintah Kabupaten Sigi, termasuk rencana kapan akan dilakukan pembangunan sekolah tersebut.

Sedangkan untuk tenaga pengajarnya sendiri merupakan tenaga pengajar dari Pemerintah Provinsi. Paulina berharap, dengan sekolah gratis ini anak-anak yang putus sekolah dan berlatarbelakang keluarga kurang mampu di Kabupaten Sigi dapat bersekolah kembali dan tidak perlu khawatir soal biaya. (ndr)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.