Anak Dalam Kandungan Harus Didaftarkan BPJS Kesehatan

0
379
Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU – Ibu hamil bersama bayi dalam kandungan harus didaftarkan di BPJS kesehatan, agar saat lahir biaya anak tersebut sudah terdaftar BPJS dan semua keperluannya ditanggung BPJS. Mengingat banyak masyarakat yang belum paham aturan BPJS Ibu hamil dan menganggap jika seorang wanita sudah memiliki BPJS maka anak dam kandungan otomatis menjadi peserta.

Banyak kasus yang terjadi di beberapa rumah sakit di Kota Palu, ibu hamil yang tidak mendaftarkan anak dalam kandungannya sebagai peserta BPJS dan saat melahirkan anak tersebut sakit, secara otomatis BPJS tidak menanggungnya menganggap BPJS tidak adil, bahkan menyalahkan pihak rumah sakit.

Kepala unit HK2 (Hukum komunikasi publik dan kepatuhan) BPJS Kesehatan Cabang Palu Sopo Ivandy panggabean mengatakan, jika anak dalam kandungan sebaiknya didaftarkan BPJS sebelum lahir, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi risiko sakit calon bayi saat kelahiran. “Jika tidak didaftarkan memang biaya perawatan bayi tidak di tanggung BPJS, hanya biaya ibu melahirkan saja,” jelasnya.

Sopo menambahkan jika bayi didaftarkan setelah lahir maka BPJS bayi akan aktif kepesertaanya setelah 14 hari dan setelah membayar. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka bayi dalam kandungan perlu untuk didaftarkan.

“Jika mendaftar mendapatkan pelayanan pemeriksaan kehamilan (antenatal care / ANC) untuk menjaga kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi, persalinan, pemeriksaan bayi baru lahir, pemeriksaan pasca persalinan (postnatal care / PNC) terutama selama nifas awal selama 7 hari setelah melahirkan, dan pelayanan KB,” sebutnya.

Apabila bayi meninggal dalam kandungan atau saat dilahirkan tidak perlu membayar iuran setiap bulan, syaratnya kedua orang tua bayi tersebut harus segera melaporkan ke BPJS Kesehatan dengan membawa surat keterangan meninggal, agar di non aktifkan dan tidak terbentuk tagihan iuran si bayi. “Karena jika tidak mendaftar, saat bayi sakit pihak BPJS tidak menanggung, karena BPJS hanya untuk ibu,” tegasnya.(Radar Sulteng)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.