Final KBB XVI Milik ABSA

0
216

Tim SMA Al Azhar Mampu Beri Kejutan

THE CHAMPION: Tim ABSA (A) bangga memperlihatkan medali dan piala setelah memenangi KBB XVI. (Foto: Nursoima)

PALU-Kejuaraan Bola Basket (KBB) XVI Tahun 2017 telah berakhir Sabtu malam (4/2). Ada dua pertandingan final yang digelar, yakni final kategori tim putri SMA antara SMAN 2 VS ABSA (A) dan kategori tim putra, yakni SMA Al Azhar VS ABSA (A). For your information, final kategori tim putra merupakan big match malam itu loh.

Malam final KBB XVI dimulakan dengan pertandingan kategori tim putri. Tim SMAN 2 kembalibertemu dengan rival-nya yakni tim putri ABSA (A). Guys, kedua tim ini dikenal bersaing dan hampir selalu bertemu dalam final kejuaran basket antar pelajar. Meski begitu, kali ini pun tim putri SMAN 2 Palu harus mengakui kehebatan tim putri ABSA (A) yang keluar sebagai juara I.

RUNNER UP: Tim SMA Al Azhar tetap semangat meski harus mengakui kehebatan tim ABSA, setelah memberikan perlawanan berarti. (Foto: Nursoima)

Usai pertandingan seru antar tim putri tersebut, para penonton yang memadati Lapangan Perbasi Sulteng di Taman GOR, dihibur dengan penampilan kocak yang khas dari Badboys dari SMAN 1 Palu. Penampilan mereka cukup membantu menetrasilir ketegangan di lapangan. Apalagi pendukung SMA Al Azhar maupun ABSA sudah tak sabar menantikan tim kesayangan masing-masing berlaga di lapangan.

Sebelum kedua tim bertemu, kontes Three on Three digelar. Masing-masing peserta diberi waktu satu menit untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya dengan shoot three point. Selama kontes berlangsung, para peserta diiringi musik live oleh Disk Jockey (DJ) yang disiapkan oleh panitia. Bisa dibilang, sebuah konsep yang baru bagi event bola basket di Palu guys.

Setelah berbagai acara selingan kece tersebut, big match KBB XVI yang dinanti-nantikan pun dimulai. Para pemain kedua tim memasuki lapangan dengan cara keren layaknya pemain NBA.

Nama seluruh tim dipanggil satu persatu ke dalam lapangan dari balik tirai putih, yang digantung di bawah tiang. Setelah anggota dari kedua tim lengkap, semua penonton dan panitia diminta berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hal itu dilakukan agar penonton, panitia, tim wasit maupun kedua tim diingatkan untuk menjunjung tinggi sportivitas dan fair play. Wuiiihh… sumpah, bikin merinding!

MILIK ABSA

Di quarter awal hingga pertengahan quarter II, tim SMA Al Azhar yang dipimpin oleh Didiek A. Budiman mampu memberi kejutan dengan bermain agresif. Kondisi ini membuat tim ABSA (A) yang merupakan tuan rumah tertinggal jumlah poin. Tembakan ke keranjang milik ABSA lebih banyak.

DUKUNG PENUH: Kepala SMAN 1 Palu, Zulkifikar Is Paudi bersama Kepala Disdikbud Sulteng,
Irwan Lahace (paling kiri) saat memberikan sertifikat kepada anggota ABSA (A), Mochammad Fadel. (Foto: Nursoima)

Performa tim SMA Al Azhar tersebut kemudian membuka mata banyak pihak loh atas kemampuan mereka. Sebab tim ini pada awalnya tidak diperhitungkan alias underdog. Namun setelah mengalahkan rival ABSA, yakni tim SMAN 2 Palu pada per delapan final, SMA Al Azhar melaju hingga ke final dan bertemu dengan ABSA (A) yang mengalahkan SMAN Madani Palu pada semifinal.

Namun 3 menit terakhir quarter II, tim ABSA mampu membalikkan keadaan setelah menyamakan skor 20:20. Tim ABSA (A) tak terkerjar dan memimpin skor hingga pertandingan usai dan membuat tim SMA Al Azhar mengakui nama besar ABSA.

Pertandingan pun dimenangkan oleh ABSA (A) dengan skor 64-48. Dengan begitu, Muhammad Yusuf Calang dan kawan-kawannya memastikan malam final KBB XVI adalah milik ABSA sepenuhnya. “Kunci kemenangan malam ini adalah main bagus dan kompak. Memang lambat panas di awal (pertandingan), tapi pas dapat main laju, cetak skor terus,” ujar Calang.(uq)

Pemenang KBB XVI 2017

Kategori SMP :

Putra: SMP Karunadipa, SMP 1 B, SMP 1 A

Putri: (sistem liga)

Kategori SMA :

Putra: ABSA (A), SMA Al Azhar, SMAN Madani

Putri: ABSA (A), SMAN 2, SMAN 1 Banawa

Kategori Alumni :

Putra: SMA Karunadipa, ABSA 2016, SMAN 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here