Jadwal Pemeriksaan Kesehatan CJH 13-25 Februari

0
212
Ilustrasi pemeriksaan calon jamaah haji. (@bmzIMAGES)

PALU – Jumlah calon jamaah haji (CJH) Kota Palu tahun ini, dipastikan mengalami peningkatan jika dibanding dengan tahun sebelumnya. Data yang diperoleh dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Palu menyebutkan, kuota jamaah haji tahun 2016 berjumlah 503 jamaah. Sementara estimasi sementara yang dimiliki Kemenag Kota Palu untuk jamaah tahun 2017, kurang lebih 518 jamaah.

Jumlah itu kemungkinan masih akan bertambah, mengingat pemangkasan jumlah jamaah yang dilakukan sejak tahun 2013 hingga 2016 telah usai. “Untuk tahun ini, tidak ada lagi pemangkasan jumlah jamaah haji. Jadi untuk Provinsi Sulawesi Tengah, jumlah jamaah hajinya akan bertambah 20 persen,” kata Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah pada Kemenag Kota Palu, Abd Mun’im Godal, ditemui di ruang kerjanya kemarin (8/2). Karena itulah, juga akan memengaruhi ketambahan kuota untuk Kota Palu.

Ditanya soal jamaah haji yang akan berangkat tahun ini, pihak penyelenggara haji kata dia, berharap kepada jamaah untuk melakukan pengecekan tahap awal. “Pemeriksaan tahap awal dilakukan mulai tanggal 13-25 Februari di Puskesmas kelurahan masing-masing,” kata Mun’im.

Dalam penyelenggaraan ibadah haji, kesehatan jamaaah merupakan hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, ibadah haji juga berkaitan erat dengan ibadah fisik.

“Jamaah harus menjaga kesehatan sebelum berangkat. Karena ada beberapa contoh kasus, jamaah haji dipulangkan ketika sudah berada di embarkasi Balikpapan, karena jatuh sakit. Kalau dipulangkan, kan yang rugi jamaahnya sendiri,” ujarnya mengingatkan. (saf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.