Bersama Dorong Pembangunan Wilayah Sulawesi

0
76

Gubernur Longki Tekankan Pertumbuhan Ekonomi Berkualitas

DIMULAKAN: Sekretaris Jenderal Kemendagri Yuswandi A Temenggung mewakili Mendagri melakukan pemukulan gong, dimulainya Musrenbang regional Sulawesi, di Sulbar, Senin (20/2). (Foto: Ist)

PALU- Gubernur Sulawesi Tengah yang juga Ketua Badan Kerjasama Pembagunan Regional Sulawesi (BKPRS),  Drs H Longki Djanggola MSi, berharap musrenbang regional menjadi forum mematangkan isu-isu strategis pembangunan Sulawesi 2018. Termasuk mendorong pemerintah pusat untuk lebih berpihak pada pembangunan di wilayah Sulawesi.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Dr Ir Bunga Elim Somba yang turut mendampingi gubernur pada Musrenbang regional di Sulawesi Barat, Senin (20/2), mengungkapkan penegasan Gubernur Longki Djanggola di hadapan para gubernur se Sulawesi.

Elim Somba menjelaskan, dalam sambutannya Gubernur Longki Djanggola mengatakan, Pulau Sulawesi merupakan bagian wilayah yang memberikan kontribusi terhadap indikator pembangunan nasional. Termasuk pertumbuhan ekonomi yang turut memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

‘’Namun selama ini wilayah Sulawesi masih belum bisa menikmati adanya timbalbalik kontribusi tersebut. Masih ada ketimpangan dalam pemerataan pembangunan khususnya pembangunan infrastruktur yang ada di wilayah pulau Sulawesi,’’kata ELim Somba, menjelasakan bagian dari sambutan Gubernur, kepada Radar Sulteng, kemarin.

Asisten Perekonomian Bunga Elim Somba mengatakan, Gubernur Sulawesi Tengah selaku Ketua BKPRS memfasilitasi dan mengkoordinasikan agar beberapa ketimpangan yang ada, menjadi agenda bersama pemerintah daerah di Pulau Sulawesi mendapat perhatian dari pemerintah pusat.

‘’Nantinya pemerintah daerah bersama-sama anggota DPR yang dari daerah Sulawesi akan duduk bersama menyatukan prespsi kemudain melakukan loby-loby ke pusat. Dan semua gubernur sepakat karena memang semua gubernur di Sulawesi merasakan hal ini. Jadi perlu upaya untuk mendorong pemerintah pusat agar lebih berpihak pada kita (Pulau Sulawesi),’’terang Elim Somba.

Selain itu dalam sambutannya,  Gubernur menurut Elim Somba menekankan pada pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Selama ini tingginya pertumbuhan ekonomi namun belum dirasakan oleh masyarakat.

‘’Olehnya Bapak Gubernur menekankan kedepan daerah di Sulawesi harus lebih memprioritaskan pada pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Saat ini pertumbuhan ekonomi memang tinggi yang kontribusinya dari tambang dan dinikmati oleh yang diatas saja,’’terangnya.

Sebagai daerah yang mempunyai basic pertanian, harus menjadikan sector pertanian menjadi primadona sebagai kontributor pertumbuhan ekonomi. Hal ini diharapkan akan lebih memberikan dampak dan dirasakan oleh masyarakat.

‘’Karena kalau tambang 30 tahunan akan habis. Kita akan fokus pada pertanian supaya lebih berkualitas, bisa dirasakan masyarakat,’’tutup Asisten II.(awl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here