Satu Tahun Zetizen Radar Sulteng, Konsisten Dukung Aksi Positif

0
300
KERUMUNAN POSITIF: Unsur pimpinan Radar Sulteng bersama dengan anggota komunitas Zetizen Radar Sulteng dan juga komunitas mitra Earth Hour Palu, saat merayakan Ultah ke-1 Zetizen Radar Sulteng di Mabes Zetizen, Minggu (26/2). (Foto: Mugni Supardi)

TIDAK terasa Zetizen Radar Sulteng sudah menginjak usia setahun, kemarin (26/2). Sejak kemunculannya pada 26 Februari 2016 lalu, baik sebagai media maupun komunitas, Zetizen Radar Sulteng mulai mewarnai kehidupan para generasi Z di Kota Palu dan sekitarnya loh.

Sebut saja dengan kemunculan berbagai liputan event lokal seru khas anak muda di Harian Umum Radar Sulteng. Kini, kalian bisa mengetahui event hits apa yang sedang terjadi atau yang telah terjadi di Kota Palu dalam liputan yang paripurna. Ini terjadi karena Zetizen Radar Sulteng memosisikan diri  sebagai media partner dan sahabat bagi  kamu yang konsisten menggelar berbagai kegiatan atau aksi positif. Singkat kata, kebutuhan anak muda seperti kalian sudah terakomodir di koran terdepan di Sulawesi Tengah ini.

SELAMAT ULANG TAHUN!: Wakil Pemimpin Redaksi Radar Sulteng, Rahmat Bakri (tengah) bersama dengan Redaktur Radar Sulteng Rony Sandhi (keempat dari kiri) dan PIC Zetizen Radar Sulteng Nur Soima Ulfa (kedua dari kanan), serta kelima Alpha Zetizen Provinsi Sulteng, sesaat sebelum meniup lilin Ultah ke-1 Zetizen Radar Sulteng. (Foto: Mugni Supardi)

Sementara itu sebagai komunitas, Zetizen Radar Sulteng selama setahun belakangan ini memiliki 993 anggota terdaftar. Ratusan anggota ini kemudian coba diakomodir dan dirawat melalui berbagai kegiatan yang digelar oleh Zetizen Radar Sulteng, khusus bagi anggotanya.

Kegiatan-kegiatan eksklusif ini lebih banyak mengarah pada pembentukan soft skill. Misalnya, program internship yang hanya digelar setahun dua kali selama enam bulan sekali yakni Summer Class dan Winter Class, yang membuka  kelas peminatan repoter (wartawan tulis), fotografer, event dan social media strategist.

Selain sukses menggelar program internship yang selalu ditunggu-tunggu oleh anggota Zetizen di Kota Palu dan sekitarnya ini, Zetizen Radar Sulteng juga memiliki sejumlah kegiatan sosial dan peduli lingkungan. Seperti Zetizen Share and Fun Adventure, yang sukses mengumpulkan 98 buku yang disumbangkan kepada siswa SD Dongi-Dongi, Sedoa, Kecamatan Lore Utara, pada 4  Januari 2017 lalu.

Sementara aksi peduli lingkungan, direalisasikan sebagai tema utama dalam perayaan Ulang Tahun (Ultah) ke-1 Zetizen Radar Sulteng, dengan mengusung tagline #1 Zetizen Beraksi: Kurangi Sampahmu, Selamatkan Bumi. Ada  3 kegiatan peduli lingkungan yang dirangkaian dalam menandai perjalanan satu tahun Zetizen Radar Sulteng, yakni aksi tanam dan adopsi pohon, aksi bersih pantai dan kampanye bawa tumbler-mu.

Nah, sepak terjang Zetizen  selama setahun belakangan tersebut rupanya mendapatkan dukungan serta apresiasi positif.  Termasuk keaktifan serta keterlibatan anggota komunitas Zetisen dalam setiap kegiatan atau program yang ada.

Salah satunya datang dari Wakil Pemimpin Redaksi Radar Sulteng, Dr Rahmat Bakri SH MH saat memberikan sambutan mewakili kehadiran Pemimpin Radar Group, H. Kamil Badrun AR SE MSi, pada seremoni Ultah ke-1 Zetizen Radar Sulteng, kemarin (26/2) .

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk kita semua. Kerja keras dan dukungan teman-taman Radar Sulteng untuk Zetizen itu tidak ada artinya tanpa kehadiran teman-teman sekalian (anggota Zetizen, red). Saya ucapkan terima kasih partisipasi saudara sekalian di kegiatan Zetizen,” ungkapnya.

Salah satu instruktur program internship Zetizen Radar Sulteng ini pun menilai keaktifan anggoata Zetizen penting untuk keberlangsungan komunitas. Untuk itu, dia berharap Zetizen Radar Sulteng lebih banyak lagi menggelar kegiatan yang bersifat soft skill dan dibutuhkan bagi generasi Z, untuk melengkapi ilmu dan pengethaun yang didapatkan dari sekolah. Dengan begitu, akan menarik minta dan keinginan untuk bergabung.  Sebab cacatan untuk satu tahun ke depan, anggota Zetizen Radar Sulteng sudah ada yang datang dari Kabupaten Sigi, Donggala, Parigi dan daerah lainnya di sekitar Kota Palu.(uq)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.