Hutan Lore Lindu Lokasi  Forest Program III

0
189
PERTEMUAN AWAL: Para peserta pertemuan awal Inception Phase Forest Program III foto bersama dengan Asisten Elim Somba, beberapa waktu lalu (7/3). (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

PROVINSI Sulawesi Tengah dipilih menjadi daerah penerapan pembangunan hutan dengan pola integratif di Indonesia. Terkait itu beberapa waktu lalu dilakukan pertemuan awal (Kick-Off Meeting) Inception Phase Forest Program III.

Program tersebut adalah hasil kerja sama pemerintah Indonesia dengan Jerman yang berada di bawah Direktorat Jenderal Konservasi SDA dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Program ini bertujuan mengkonservasi keanekaragaman hayati di Taman Nasional Lore Lindu, merehabilitasi DAS Palu dan di hulu Sungai Lariang, serta pemberdayaan masyarakat.

“Program ini dilaksanakan dari tahun 2017 sampai dengan 2023, dengan dukungan dana kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Federal Jerman,” ungkap Direktur Pengelolaan dan Informasi Konservasi Alam Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc.

Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesra, Elim Somba, mengatakan Lore Lindu mempunyai kekayaan alam yang melimpah, namun belum signifikan mengangkat kesejahteraan masyarakat yang tinggal di dekatnya karena kegiatan ekonomi mereka cenderung ekstraktif.

Olehnya, forest program yang akan dilaksanakan, menurutnya mesti berpedoman pada dua aspek penting yaitu keberlanjutan dan rasa memiliki supaya dapat merangkul masyarakat secara partisipatif.

“Kegiatan konservatif yang semata-mata berfokus pada taman nasional saja tidak cukup jika tidak diikuti pembangunan sosial ekonomi masyarakat di sekitar hutan,” kata Elim mewakili gubernur.(sya/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.