Masih Ada 15 Puskesmas di Poso Belum Miliki Dokter Umum

0
269
Ilustrasi

POSO – Sedikintya masih ada 15 Puskesmas dari 23 Puskesmas di Poso belum memiliki dokter umum. Selain berdampak pasti pada tidak terlayaninya kesehatan masyarakat secara baik, tidak adanya dokter umum tersebut juga menandakan Pemkab Poso belum mampu menerapkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebagaimana diterapkan pemerintah pusat.

“Sangat disayangkan. Disaat Pemkab bisa merayakan pesta ulang tahun meriah dengan mendatangkan artis ibu kota, tapi disisi lain pelayanan kesehatan pada masyarakat belum berjalan baik, karena tidak adanya dokter umum di Puskesmas,” kata anggota DPRD Poso, dr Syamsul Alam, Senin (23/3).

Salah satu Puskesmas yang tidak mempunyai dokter umum adalah Puskesmas Pendoli. Padahal puskesmas di Kecamatan Pamona Selatan ini berstatus Puskesmas Perawatan yang pelayananannya buka 1X24 jam.

“Karena tidak ada dokter, masyarakat Pamona Selatan banyak yang memilih berobat ke RS Wotu Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan,” sebut anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Pamona Bersaudara ini.

Warga memilih berobat ke Luwu Timur karena jarak tempuhnya yang lebih dekat ketimbang berobat ke Poso. Jarak Pendolo-Poso sekitar 120 KM, sementara Pendolo-Luwu Timur hanya sekitar 90 KM.

Yang paling membuat Syamsu prihatin, salah satu Puskesmas yang tak memiliki dokter umum adalah Puskesmas Kayamanya yang berada di dalam pusat Kota Poso.

“Sudah lama Puskesmas Kayamanya ini tak ada dokter umum,” tukas salah satu politisi muda di Dekab Poso. Umumnya Puskesmas yang belum ada dokter umumnya berada di daerah pedalaman, semisal Pamona dan Lore.

Menurut Syamsu, tidak adanya dokter umum di 15 puskesmas sangat memperihatinkan. Pasalnya Pemkab Poso sudah lama menjalin kerjasama dengan pihak Fakultas Kedokteran Unhas Makassar. “Dewan sudah sarankan pemkab untuk meminta bantuan dokter ke Unhas, karena MoUnya memang sudah lama ada. Tapi entah kenapa belum ada realisasi,” ungkap Syamsu yang juga merupakan dokter jebolan Unhas ini.

“Kalau soal anggaran, sebenarnya kita mampu untuk menggajinya,” sambung dia. Kebutuhan ideal dokter umum di Poso sekarang sebanyak 10 orang.

Plt Kadis Kesehatan, Isnan T Karim yang dikonfirmasi membenarkan adanya kekuarangan tenaga dokter umum di Puskesmas-puskesmas. Kekurangan tenaga dokter tersebut akan dipenuhi secara bertahap oleh pemerintah. “Soal kekurangan dokter umum di Puskesmas memang fakta. Dan sekarang kita lagi mengupayakan untuk memenuhi kekurangan itu,” tutup Isnain pada wartawan.(bud)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.