Alternatif Berobat, RS Tadulako Buka Pagi hingga Sore

0
573
RSU Tadulako kini menjadi rumah sakit teranyar di Kota Palu yang akan melayani pasien umum. (Foto: Mugni Supardi)

PALU- Kehadiran rumah sakit umum (RSU) Universitas Tadulako, menambah lagi daftar rumah sakit yang ada di Kota Palu. Rumah sakit yang berada di kompleks Kampus Untad di Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, ke depannya akan menjadi salah satu pilihan masyarakat Palu dan sekitarnya untuk berobat atau memeriksakan kesehatannya.

Saat ini, poliklinik RSU Tadulako telah dibuka untuk umum. Sejak diresmikan Rektor Untad pada 21 Maret 2017, sudah satu minggu ini, RSU Tadulako berjalan seperti rumah sakit umum biasanya.

Ditemui Selasa (28/3), Direktur Utama RSU Tadulako dr Rustam Amiruddin Sp PD mengatakan, saat ini RSU Tadulako baru buka poliklinik. Di mana ada 12 poliklinik di rumah sakit tersebut. Yakni poli penyakit dalam, poli anak, poli bedah, poli kandungan dan kebidanan. Kemudian poli ortopedi, poli jantung dan pembuluh darah, poli mata, poli THT-KL, poli gigi, poli gizi, poli kulit, poli kelamin serta poli umum.

“Setelah poliklinik RSU Tadulako resmi dibuka untuk umum, respons masyarakat sangat baik. Seminggu ini kami sudah mulai melayani banyak pasien,” ujarnya.

Untuk tenaga medis sendiri, telah bertugas 25 orang di antaranya dokter spesialis dan dokter umum. Sementara untuk tenaga perawat, saat ini baru berjumlah 48 orang, termasuk tenaga bagian administrasi dan pelayanan. “Untuk sekarang ini, RSU Tadulako menerima pasien pagi hari hingga sore hari di poliklinik,” terangnya.

Lanjut dr Rustam, saat ini tersedia 30 tempat tidur di RSU Tadulako. Itu masih tahap awal, selanjutnya akan terus ditingkatkan fasilitasnya dan segala sesuatunya terkait kebutuhan rumah sakit.

Terkait kerja sama dengan BPJS, katanya akan dimulakan setelah rawat inap nanti akan diresmikan. “Sudah pasti, kami akan join dengan BPJS. Mengingat itu adalah hal penting dan diharuskan,” sebut dirut.

Sementara itu, Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS, berharap dengan dibukanya pelayanan kesehatan poliklinik di RSU Tadulako, dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan baik dan sesuai standar. “Meski dalam segala keterbatasan, tenaga medis di RSU Tadulako harus bersikap futuristik dan optimistic dalam melayani masyarakat yang berobat. Pelan-pelan kita akan lengkapi dan benahi yang masih kurang,” ujar orang nomor satu di Untad tersebut (jcc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.