Tertunda oleh Hujan, Basketball Competition 2017 Akhirnya Dibuka

0
2289
Tim SMAN 1 dan SMAN 2 Palu saat melakukan jump ball mengawali pertandingan usai pembukaan Basketball Competition 2017 Gubernur Cup Series V, Minggu malam (30/4). Pertandingan itu tercatat sebagai Big Match loh. (Foto: Nursoima)

PALU-Minimnya sarana prasarana olahraga membuat event sekelas Basketball Competition 2017 Gubernur Cup Series V, kena dampaknya loh guys. Event bergensi pencarian bakat atlet basket daerah Sulawesi Tengah (Sulteng) ini harus tertunda dibuka, hanya karena hujan menguyur Kota Palu pada Sabtu malam (29/4).

Alhasil, memaksa panitia untuk mengambil keputusan sulit, yakni mengundurkan waktu pembukaan hingga Minggu malam (30/4).

Tertundanya pembukaan dikarenakan lapangan basket yang satu-satunya dianggap representatif dan memenuhi syarat, adalah lapangan outdoor milik Perbasi di Taman GOR Palu yang notabene tanpa atap. Olehnya, tidak ada opsi lainnya untuk menggelar seremoni pembukaan. Ditambah lagi Kota Palu saat itu masih dalam jadwal pemadaman listrik.

Kendala sarana prasana tersebut rupanya menjadi atensi Ketua KONI Sulteng, H. Anwar Ponulele, yang hadir mewakili Gubernur Sulteng, membuka  Basketball Competition 2017 Gubernur Cup Series V pada Minggu malam (30/4). Di hadapan peserta dan panitia, Anwar meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam kejuaraan tersebut agar tetap semangat di tengah minimnya fasilitas.

“Memang sarana prasarana minim sekali. Hanya di Taman GOR ini (lapangan Perbasi, red) yang terlama dan tidak pindah-pindah,” katanya.

Dia pun berharap masalah sarana prasarana tersebut dapat mendapatkan solusi seiring dengan prestasi basket Sulteng yang diharapkannya terus membaik. Untuk itu, dia meminta peserta yang ikut berkompetisi agar memberikan kemampuan terbaiknya sehingga turut mengangkat prestasi Basket Sulteng ke tempat yang lebih tinggi lagi.

Sebagai Ketua KONI Sulteng dan mewakili kehadiran Gubernur, Anwar menginginkan ada lahir bibit atlet basket dari Basketball Competition 2017 Gubernur Cup Series V dan bisa diikutkan dalam pelaksanaan PON daerah Tahun 2018 mendatang. Di mana pelaksanaan PON daerah tersebut sebagai persiapan menghadapi pra PON dan besar harapan agar cabang Basket bisa tembus di PON Papaua.

“Insya Allah adik-adik saya, khususnya Perbasi, kita bisa dapatkan pemain inti. Saya berharap club mapun regu bisa disiplin untuk persiapan PON provinsi dan pra PON. Harus serius dan harus buat jadwal persiapan,” tegas Anwar.

Sementara itu, Ketua Panitia Basketball Competition 2017 Gubernur Cup Series V, Irianto mengungkapkan ada tiga kategori yang diperlombakan. Pertama, lomba kejuaraan bola basket tingkat SMA Putra se Sulteng yang diikuti oleh 9 tim. Kedua, tingkat klub U-19 dengan 12 tim. Ketiga, yakni klum umum dengan 12 tim. Ada tim yang datang dari luar Kota Palu, yakni dari Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Tojo Unauna.

“Adapun tujuan dari kegiatan ini tergambar dari tema, yakni Mewujudkan Pemuda Sulawesi tengah yang Sehat dan Berdaya Saing dengan keterampilan serta Sportivitas yang Tinggi,” ungkap Irwanto.

Dalam pembukaan tersebut, turut dihadiri oleh Sektretaris Pengda Perbasi Sulteng, Victor Nelwan dan Darmizal Aladin yang mewakili kehadiran Direktur Bank Sulteng. Sebagai pertandingan pembuka malam itu, yakni Big Match antara tim SMAN 1 Palu (ABSA) Vs SMAN 2 Palu yang berlangsung seru. Pertandingan dimenangi oleh tim SMAN 1 Palu dengan skor tipis 30-29. (uq)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.