Pabrik Air Kemasan di Sidera Tak Miliki Amdal

0
256
Ilustrasi

SIGI – Pabrik air minum dalam kemasan yang berada di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru Kabupaten Sigi beberapa waktu lalu sempat dilakukan penyegelan oleh pihak dinas terkait, karena tak  memiliki izin membangun, ternyata juga belum memiliki analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Walau demikian pembangunan pabrik tersebut sudah dilakukan pengerjaan kembali.

Kadis DLH Kabupaten Sigi Andi Aco, Kamis (4/5) kepada Radar Sulteng, mengatakan pabrik tersebut sudah memiliki izin membangun atau IMB sehingga  police line sudah dilepas. Tetapi sampai saat ini pabrik air minum kemasan ini belum memiliki dokumen atau izin terkait dampak lingkungan yang dikeluarkan DLH Kabupaten Sigi.

“Kami belum tahu pembangunan tersebut itu untuk apa. Apabila pabrik tersebut akan menimbulkan dampak lingkungan harus terlebih dahulu dilakukan pengkajian oleh pihak DLH, untuk menerbitkan Amdal,” jelas Andi Aco.

Tidak hanya itu menurut Andi Aco, apabila pabrik ini dapat menimbulkan dampak negatif di lingkungan masyarakat, khususnya daerah persawahan ia terpaksa harus melarang pabrik itu untuk beroprasi. “Kita tunggu saja apabila pihak pabrik mengajukan pengurusan Amdal, dan kemudian kami akan melakukan pengkajian apakah layak beroperasi atau tidak,” pungkasnya. (ndr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.