Banjir Ampana Rendam Puluhan Rumah Warga

1
298
Banjir yang merendam rumah warga. (Foto: Haryanto Limahu)

AMPANA – Derasnya curah hujan hanya berselang tiga jam, puluhan rumah warga yang berada di Jalan Lumba-lumba Kelurahan Muara Toba, Kecamatan Ratolindo Kabupaten Tojo Unauna (Touna) terendam air, dengan ketinggian air hingga mencapai 1 meter lebih.

Menurut warga Muara Toba, Samsudin (26), tergenangnya air di rumah-rumah warga ini dikarenakan di kompleks permukiman mereka tidak memiliki selokan air, dan hisapan dari dalam tanah, hingga sampai masuk di beberapa rumah.

Tergenangnya air ini bukan dari luapan air sungai, tetapi hanya air hujan yang turun karena tempat ini tidak ada pembuangan atau drainase.

“Kejadian ini sudah mejelang tujuh tahun tidak pernah tersentuh oleh Pemerintah Kabupaten. Kami meresa kalau kami disini seperti dianak tirikan oleh pemerintah, “ungkap Samsudin, Jumat (2/6).

Ia menjelaskan setiap adanya curah hujan yang terjadi di wilayah Ampana dan sekitarnya, warga sangat khwatir dan gelisah karena kawasan itu sering kebanjiran. ” Kami sebagai warga Muara Toba, meminta semoga persoalan ini ada uluran tangan dari pemerintah atau dari instansi terkait,”jelasnya.

Begitu juga halnya yang dirasakan oleh Yuyun, juga warga Muara Toba, mengungkapkan, jangankan curah hujan sampai sehari, tiga jam saja air sudah tergenang sampai mencapai satu meter lebih.

“Bukan cuma kali ini rumah kami tergenang air. Bahkan sering terjadi setiap adanya curah hujan, pasti air akan masuk di rumah sampai alat-alat elektronik yang kami miliki semua tidak dapat dipakai lagi, karena sudah terendam banjir, ” tutur Yuyun.

Olehnya pihaknya berharap, semoga pemerintah setempat dapat mencarikan solusi atau membuatkan selokan air. Dari pantauan media ini, saat ini warga Muara Toba sedang mengungsi ke rumah warga lainnya, yang rumahnya tidak terendam banjir.(nto)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.