Gempa 5,4 SR di Parimo, Juga Dirasakan di Palu

0
292
Ilustrasi (@dok)

PALU – Masyarakat Kota Palu dan sekitarnya dikagetkan dengan gempa bumi, Minggu (23/7). Data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Klas I Palu, gempa terjadi sekitar pukul 15.55 Wita.

Pusat gempa tektonik ini berada di wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) dan dirasakan di beberapa daerah sekitarnya, termasuk Kota Palu.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 5,4 Skala Ricther (SR) dengan epicenter terletak pada koordinat 0,27 LU dan 120,17 BT, atau tepatnya di darat pada jarak 2 kilometer arah utara Kota Marisa, Parigi Moutong, pada kedalaman 68 kilometer.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas I Palu, Petrus Demon Sili mengatakan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. Karena kriteria gempa yang dapat memicu tsunami adalah besarnya kekuatan gempa di atas 7.0 SR, sumber gempa bumi berada di laut, kedalaman sumber gempanya adalah dangkal di bawah 60 kilometer.

“Mekanisme sumber patahan adalah patahan normal atau patahan naik. Dengan demikian berarti gempa di Tinombo dan sekitarnya yang baru saja terjadi tidak memicu tsunami,” jelas Petrus.

Dampak gempa bumi, kata dia, yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa beberapa wilayah berpotensi mengalami guncangan antara lain di Tolitoli pada skala intensitas II SIG-BMKG atau III MMI, Parigi II SIG-BMKG atau III-IV MMI, Palu I SIG-BMKG atau II MMI dan POSO II SIG-BMKG atau III MMI.

“Dampak gempa berupa guncangan ini sesuai dengan laporan masyarakat. Jika ditinjau dari kedalaman hipo senternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi laut Sulawesi dengan mekanisme oblique thrust yaitu penyesaran kombinasi mendatar-naik,” ungkapnya.

Hingga pukul 16.31 Wita, Petrus menambahkan, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Parigi Moutong dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya. (cr2)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.