Home / Indeks / Longsor Tutup Jalur Mohoni – Bimor Jaya di Morut

Longsor Tutup Jalur Mohoni – Bimor Jaya di Morut

Sebuah alat berat membersihkan longsoran yang menutupi badan jalan Kecamatan Petasia Timur, Kamis (3/8). (Foto: Pemkec Petasia)

MORUT – Jalur utama penghubung desa Mohoni dan Bimor Jaya, Kecamatan Petasia Timur, Kabupaten Morowali Utara tertimbun longsoran tanah dari bukit sekitar, Rabu (2/8) malam. Akibatnya, arus lalulintas sempat terhalang hingga Kamis (3/8) pagi.

Menurut Mustatin, Kasi Trantib Pemerintah Kecamatan Petasia kepada wartawan mengatakan longsor tersebut terjadi sekira pukul 20.00 Wita. Kala itu, masyarakat pengguna kendaraan terpaksa balik arah karena banyaknya material tanah berbatu menutup badan jalan.

“Peristiwa longsor ini cukup merepotkan para pengguna jalan,” kata dia.

Dia menyebutkan, selama hampir 12 jam akses ke Bimorjaya buntu. Peristiwa itu kemudian dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Morut.

Karena persoalan gangguan insfrastruktur jalan masih kewenangan Dinas Pekerjaan Umum, Mustatin tidak kehabisan upaya. Daripada menunggu proses yang lama, keesokan harinya dia menghubungi manajemen sebuah perusahaan tambang nickel yang workshopnya tidak berjauhan dari lokasi longsor.

“Setelah saya mencari bantuan datanglah dua unit exavator dan dua unit dump truck milik PT AMI untuk menyingkirkan material longsor ke tepi jalan,’’ ungkapnya.

Proses pembersihan longsoran tidak membutuhkan waktu lama dan arus lalulintas kembali lancar tanpa hambatan. (ham)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anggota TNI, Pelajar, dan Wartawan Pun Kena Tilang

PALU– Satlantas Polres Palu bersama Polisi Militer melakukan pengecekan kelengkapan surat kendaran dalam operasi rutin. ...