Pesawat Lion Air dan Wings Air Saling Senggol

0
274
(Foto: Ist)

JAKARTA – Pesawat Lion Air mengalami senggolan di bagian sayap dengan maskapai Wings Air setelah melakukan pendaratan di Bandara Kualanamu, Medan, Kamis (3/8).

Kecelakaan di landasan pacu itu mendapat perhatian dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Pihaknya meminta Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyelidiki hal tersebut.

”KNKT akan melakukan pengawasan ini kecerobohan siapa,” ucap Budi Karya. Selanjutnya mantan Dirut PT Angkasa Pura 2 itu mengatakan setelah ada hasil dari KNKT akan ditentukan reward and punishment bagi pihak-pihak yang terlibat. Dia juga menghimbau agar pilot selalu berhati-hati. Budi Karya tak ingin hal ini terulang kembali.

Kecelakaan antar maskapai yang masih satu bendera itu terjadi pukul 11.10. Kejadian itu terjadi di landasan pacu saat Pesawat Lion Air yang melayani penerbangan dari Banda Aceh mendarat di Medan. Sementara itu Wings Air dengan nomor penerbangan IW 1252 akan berangkat dari Medan menuju Melabo.

Public Relations Manager Lion Air Group Andi M Saladin memastikan bahwa seluruh penumpang selamat. ”Tidak ada yang mengalami cidera,” tuturnya. Sementara itu sesaat setelah evakuasi, kedua pesawat sudah berada di apron. ”Sehingga tidak ada gangguan penerbangan di Bandara Internasiona Kualanamu,” tambah Andy.

Menjemen melalui Andy menjamin nasib penumpang Wings Air. Seluruh penumpang yang berjumlah 66 orang itu akan mendapatkan full refund di tempat ataupun ganti jadwal penerbangan. ”Sementara untuk penumpang Lion Air yang transit, akan diterbangkan dengan pesawat yang lain pada hari yang sama,”tuturnya.

“Kami akan menunggu hasil investigasi atas kejadian ini dari pihak yang berwenang yaitu KNKT,” terangnya Andy. Dia menambahkan bahwa kejadian ini akan menjadi evaluasi bagi menejemen. Hingga berita ini ditulis, belum ada hasil investigasi dari KNKT. (lyn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.