Di Bangkep, Tamat SMP Boleh Ikut Bursa Kepala Desa

0
109
Ilustrasi (@jabar.pojoksatu.id)

BANGKEP–Seluruh masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), tidak perlu repot mengikuti bursa pemilihan Kepala Desa (Kades). Panitia pemilihan Kades serentak tahap pertama se Kabupaten Bangkep, mensyaratkan minimal SMP bisa maju dalam Pilkades.

Ketua Panitia Muchsin Sasia, mengatakan syarat minimal tamatan SMP itu sudah baku. “Tidak mungkin lagi diturunkan minimal tamatan SD. Mau jadi apa desa kalau tamatan SD yang mendaftar,” jelasnya saat sosialisasi Pilkades di kantor Bupati, Kamis (10/8).

Meskipun dibatasi aturan SMP, tetapi panitia akan memperhitungkan tamatan di atas SMP. “Kalau ada S1, S2, atau S3 lebih diutamakan,” tambahnya.

Untuk menjadi Kades di Bangkep, terkesan mudah. Dengan bermodalkan KTP Indonesia, dan domisili, sudah bisa maju dalam bursa Pilkades. “Nanti pada akhirnya, masyarakat yang akan menilai siapa yang layak,” jelasnya.

Pilkades serentak di Bangkep rencananya akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2017 yang diikuti 74 orang Kades. Animo masyarakat Bangkep rupanya cukup tinggi maju dalam bursa Pilkades. “Bahkan ada yang berpendidikan S2 mantan sekretaris Dinas yang ikut dalam Pilkades,” tambahnya.

Sementara pada sesi diskusi dihadiri Plt Sekkab Zainuddin Malotes, juga melibatkan unsur KPUD Bangkep, Kepolisian, Dandim serta Inspektorat. Mengingat Pilkades serentak tahap pertama diikuti separoh dari jumlah desa, Pilkades di Bangkep berpotensi rawan.

Kabag Ops Polres Bangkep Kompol Darise, mengatakan perhatian polisi nanti tercurah pada Pilkades nanti. “Yang kita harapkan, Pilkades berjalan aman dan terkendali,” jelasnya.(bar)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here