Ditemukan Tanker, Korban Kapal Hilang di Bangkep Selamat

0
320
Tampak penumpang yang selamat, dan kondisinya masih stabil saat mendapatkan perawatan medis, Kamis (24/8). (Foto: Barnabas)

BANGKEP–Sebanyak 10 orang anggota keluarga, yang dikabarkan hilang saat berlayar mengantar jenazah dari Luwuk ke Sabang, akhirnya ditemukan selamat. Mereka ditemukan kapal tanker pertamina ST Dewa Yani saat berlayar dari Banggai Kabupaten Banggai Laut (Balut) menuju Bitung Manado.

Rescuer TIM SAR Luwuk Tri Kurniawan mengatakan, timnya menemukan mereka dalam kondisi selamat, setelah berada di kapal tanker Dewa Yani. Selanjutnya, tim SAR mengevakuasi seluruh penumpang kapal Luwuk Kabupaten Banggai. “ Kami mendapatkan informasi dari Pertamina Kilongan kalau kapal ST Dewa Yani menemukan nelayan. Lalu kami komnunikasi lewat radio dan sedang dievakuasi,” jelasnya.

Sempat kapal tim SAR sempat kehilangan petunjuk saat melakukan pencarian di Sabang. Di Sabang tim SAR menemukan serpihan kapal. Dari keterangan tim SAR menemukan mereka di perairan dekat Bonebakal yang terpaut jauh dari desa tujuan Sabang. Mereka nyaris tenggelam dikarenakan mati mesin kapal. Kapal kayu tersebut terhempas ombak mengikuti arus dan air laut masuk ke kapal akibat hempasan ombak.

Saat dievakuasi, mereka kemudian diberikan pertolongan pertama, berupa makanan serta handuk untuk menghangatkan tubuh. Dari raut mereka, terlihat shock akibat peristiwa tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa.

Sementara kondisi jenazah dalam peti mati hanyut di laut dan keluar dari peti jenazah. Kemudian dievakuasi ke dalam kapal tim SAR, menuju Luwuk.

Dari data tim SAR, penumpang berjumlah 10 orang termasuk ABK. Diantara 10 penumpang, terdapat seorang pendeta dan dua balita berumur tiga tahun dan lima tahun.

Fritz, keluarga dari pengantar rombongan jenazah yang sempat ikut mengevakuasi mengatakan, seluruh keluarga dalam kondisi selamat, termasuk bocah yang baru berusia 4 tahun. Selanjutnya rombongan bersama dengan jenazah menuju Salakan, melalui kapal feri.(bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.