Banjir, Sapi Kurban Ikut Tenggelam

0
67
Ilustrasi

BALIKPAPAN – Banjir di Balikpapan Timur, tepatnya di kawasan Waduk Wonorejo, Gunung Samarinda Baru, membuat penjual sapi kurban panik. Pasalnya, lokasi jualan mereka ikut terendam. Bahkan belasan sapi yang biasa di lepas di sekitar waduk hampir mati tenggelam.

Penjual sapi, Andri, mengatakan ada 11 sapinya harus mendapatkan pertolongan pukul 05.30 Wita, Selasa (29/8). Bahkan harus meminta bantuan warga sekitar.

“Sapi-sapi itu saya ikat 100 meter jauh dari waduk. Tiap tahun selalu di situ. Karena di sana banyak rumputnya untuk makan sapi. Saya dapat informasi air sudah naik. Saya langsung cek ke sana tadi. Pas sampai di sana, tinggi air sudah mencapai 1 meter lebih. Sapi-sapi saya tenggelam. Tapi dalam kondisi masih terikat di pohon,” bebernya dikutip dari Kaltim Post (Jawa Pos Group).

Namun, sapi-sapinya berhasil diselamatkan. Bila tidak, dia bisa rugi ratusan juta rupiah. Pasalnya satu sapi harganya mulai Rp 17 hingga Rp 20 juta. “Saya langsung potong ikatan di lehernya (sapi). Biar sapinya berenang sendiri ke tempat yang lebih tinggi. Sudah tidak ada pijakan kaki. Jadi kalau dituntun satu-satu bisa terlambat diselamatkan,” katanya.

Selama tiga tahun terakhir usaha, dia baru melihat kawasan tempat dia menjual sapi terendam banjir. Selama ini, luapan akibat curah hujan di waduk hanya setinggi betis orang dewasa. “Mungkin karena pengupasan lahan, jadi airnya meluap,” ucapnya. (jpnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here