Tak Matikan Mesin Saat Isi Bensin, SPBU Ludes Terbakar

0
160
Ilustrasi

SUBANG – SPBU Ranggawulung, Subang, ludes terbakar Kamis (31/8) malam. Peristiwa tersebut diduga dipicu dari percikan api kendaraan yang dinyalakan warga.

Kabag Humas Polres Subang AKP Udi Sahudi menjelaskan, peristiwa terbakarnya SPBU Ranggawulung terjadi sekitar pukul 18.12 WIB. Tim pemadam kebakaran dibantu warga baru bisa memadamkan api 15 menit berikutnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Udi, peristiwa berawal saat seorang warga bernama Yanto membeli BBM jenis Pertalite dengan menggunakan jerigen. Usai mengisi, Yanto kemudian menyalakan sepeda motornya dengan cara manual.

Namun dia lupa, saat menghidupkan sepeda motor, kondisi mesin masih menyala. “Sehingga keluar percikan api dan nyambar bensin (BBM) di jerigen,” ujar Udi.

Kejadian tersebut, lanjut Udi, disadari oleh petugas SPBU bernama Intan. Menyadari ada percikan api menyambar BBM, gadis asal Cijambe tersebut langsung kabur menyelamatkan diri. Beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun demikian, akibat terbakar, pihak SPBU mengalami kerugian yang tak sedikit.

“Tidak ada korban. Kita langsung lakukan olah TKP. Kasus ini dalam penanganan Polres Subang,” katanya kepada Pasundan Ekspres (Jawa Pos Group).

Insiden tersebut harus menjadi peringatan bagi pengelola SPBU dan warga yang akan mengisi BBM (bahan bakar minyak).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Subang Hidayat mengatakan, terbakarnya SPBU Ranggawulung harus betul-betul diperhatikan semua pihak.

Percikan api sedikitu pun bisa sangat membahayakan jika terjadi di area SPBU. Maka dari itu, larangan menghidupkan mesin hingga menyalakan handphone harus benar-benar dipatuhi.

“Sebelumnya juga pernah terjadi di pertamini di Kecamatan Dawuan. Akibat ada percikan api dari sebuah bengkel, jadi habis terbakar,” ungkap Hidayat kepada Pasundan Ekspres (Jawa Pos Group).

Tak hanya warga, kata Hidayat, para petugas SPBU pun harus selalu pengingatkan para pengendara yang masih menyalakan kendaraannya saat mengisi BBM. “Ini menjadi perhatian. Karena percikan api sekecil apapun bisa menimbulkan kebakaran,” jelasnya.

(yuz/jpg/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here