Jembatan Bolapapu Putus Diterjang Banjir, Rahman Hanyut

0
181
Inilah kondisi terakhir jembatan yang menghubungkan Desa Bolapapu dan Dusun II Desa Mataue, usai diterjang air bah Senin (25/9). (Foto: Nendra)

SIGI – Bermaksud melihat volume air sungai ‘O’ yang meluap, setelah intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Kulawi dan sekitarnya pada Senin (25/9), Rahman Taseringan warga Dusun II Desa Mataue hanyut dibawa air sungai.

Dari data yang diperoleh Radar Sulteng di lapangan, hujan di wilayah tersebut terjadi mulai dari pukul 17.00 Wita, dimana pada saat itu intensitas hujan terbilang cukup lebat dengan jangka waktu hingga dua jam. Akibat hujan yang lebat ini, sungai ‘O’ yang diketahui warga volume airnya yang kecil itu, tiba-tiba meningkat drastis.

Volume air sungai yang deras ini pun membawa material-material sungai berupa kerikil dan bebatuan yang besar, yang mana mengakibatkan salah satu jembatan penghubung Desa Bolapapu dan Dusun II Desa Mataue putus total akibat diterjang banjir. Kejadian itu pun hampir menelan korban jiwa.

“Saat itu memang korban (Rahman, red) berada di atas jembatan, sementara warga lainnya berada di pinggir jembatan karena takut melihat kondisi jembatan yang mulai goyah,” jelas salah satu saksi warga Desa Bolapapu Abednego.

Saat kejadian itu Rahman pun jatuh bersama dengan material jembatan yang ikut jatuh ke tengah-tengah derasnya air sungai. Namun Rahman masih bernasib baik, ia selamat karena langsung melompat ke derasnya air sungai dan berenang dengan cepat menuju ke pingiran sungai.

Akan tetapi akibat kejadian ini, korban mengalami luka ringan di beberapa bagian tubuhnya. Saat ini aktivitas warga baik dari Desa Bolapapu dan Dusun II Matue masih lumpuh total, sejumlah warga yang ingin ke kebun mengangkut hasil kebunnya yang berada di Dusun II tersebut, harus memutar melewati Dusun I Desa Bolapapu.

“Saya mengharapkan Pemerintah Daerah dapat langsung menindaklanjuti kejadian ini, karena jembatan ini merupakan satu-satunya akses terdekat antar warga kedua desa ini,” pungkas Abed sapaan akrabnya. (ndr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here