Home / Indeks / Pembukaan Ruas Jalan Kalamanta-Batas  Dimulai

Pembukaan Ruas Jalan Kalamanta-Batas  Dimulai

Bupati Sigi Irwan Lapatta (keempat dari kiri) menyerahkan pacul kepada Kadis PU Iskandar Nongtji, tepat di titik nol pembukaan ruas jalan Kalamanta-Batas, Senin (9/10). Pembukaan jalan ini akan menghubungkan Sigi dengan Luwu Utara. (Foto: ist)

SIGI – Bupati Sigi Irwan Lapatta didampingi Wakil Bupati Sigi Paulina, dan Kadis PU Iskandar Nongtji, serta beberapa Kepala OPD lainnya di Sigi menghadiri acara peresmian pembukaan ruas jalan Kalamanta-Batas di Desa Kalamanta, Pipikoro, Senin (9/10).

Ruas jalan yang dibuka panjangnya kurang lebih 15 kilometer hingga perbatasan Sigi dan Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulsel.

Pembukaan jalan yang diberi nama ruas Kalamanta-Batas, menurut Bupati Irwan, masih merupakan tahap I yang menelan dana Rp200-an juta.

“Kita rintis dulu pembukaannya secara manual. Melewati hutan belantara, jalan ini kita upayakan sudah terbuka menuju perbatasan Sigi-Luwu Utara. Minimal jalan untuk kendaraan roda dua dulu. Setelah ini, dianggarkan lagi peningkatannya di tahap II,” kata bupati Irwan.

Pekerjaan tahap I ini, lanjut bupati, anggarannya cukup kecil. Lebar jalannya baru 3 meter. Begitu sudah tembus di perbatasan Luwu Utara, tahap II nanti akan diplot anggaran sekitar Rp10 miliar. Pekerjaan tahap II nanti sudah menggunakan alat berat dan dilakukan di 2018.

“Pekerjaan tahap I direncanakan sekitar 3 bulan. Sifatnya swakelola, melibatkan masyarakat Pipikoro dan pihak TNI,”kata bupati.

Anggaran Rp10 miliar yang direncanakan untuk pekerjaan tahap II, menurut bupati, sumbernya kemungkinan dari APBN. Pemkab Sigi mendapat support dari Pusat terkait pembukaan ruas Kalamanta-Batas.

“Saya bangga dan terharu dengan respons masyarakat. Ini bukan mimpi lagi, tapi sudah jadi kenyataan. Ruas yang dulunya terisolasi, kini segera terbuka,”ujarnya.

Ia mengatakan, jika memungkinkan akan dianggarkan pula untuk tahap III pada ruas ini yang direncanakan tidakmenggunakan aspla melainkan rabat beton seperti ruas menuju Lindu yang saat ini sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat.

“Kami selalu berharap dukungan dari masyarakat. Tanpa itu mustahil semua bisa lancar. Dinas PU Sigi juga patut diberi apresiasi dengan terobosan ini. Setelah ruas dari Peana-Kalamanta sudah terbuka sebelumnya, kini PU lanjutkan lagi membuka ruas Kalamanta-Batas,” sebut bupati. (cam)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mayat Bayi Mengapung di Sungai Ramba Palu

PALU- Masyarakat Jalan Sisingamangaraja (Sigma) Lorong Simaja 3, tepatnya di sekitar Sungai Ramba Palu, digegerkan ...