SK Kemendagri terbit, Polemik Batas Donggala-Matra Tuntas

0
703
Bupati Donggala, Kasman Lassa bersama pejabat Kabupaten Mamuju Utara saat menghadiri penyerahan SK dari Kemendagri terkait tapal batas dua kabupaten tersebut. (Foto Humas Donggala)

DONGGALA – Selama bertahun-tahun persoalan tapal batas antara Kabupaten Donggala dengan Mamuju Utara (Matra), Sulawesi Barat masih menjadi perdebatan antara kedua belah pihak. Namun setelah melalui sejumlah proses, akhirnya Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait batas antara kedua kabupaten tersebut.

SK tersebut diserahkan langsung oleh pihak Kemendagri kepada kedua Kabupaten di Jakarta belum lama ini. Hal itu disambut baik oleh Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa SH. Menurut Kasman, sebelum Kemendagri secara resmi mengelurkan SK tersebut, pihaknya bersama Kabupaten Matra dan Kemendagri telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi. “Salah satunya yang berlangsung di Kota Manado beberapa waktu lalu,” katanya.

Kata Kasman, diterbitkannya SK dari kemendagri tentunya berdasarkan fakta kependudukan, histori, maupun secara politis yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun di wilayah tersebut. Disamping itu kata Kasman, adat istiadat dan budaya juga menjadi sebuah pertimbangan dalam menentukan batas-batas wilayah itu. “Jadi dari masing-masing Kabupaten telah memberikan masukan dan pendapatnya yang berdasarkan fakta tersebut kepada Kemendagri hingga akhirnya ditetapkanlah batas wilayah itu dengan diterbitkannya SK,” ujarnya.

Lanjut Kasman, tiga desa yang sebelumnya menjadi “rebutan” yaitu Desa Bonemarawa, Ngovi dan Ambulava akhirnya ditetapkan masuk ke wilayah Kabupaten Donggala. “Tiga desa yang berbatasan dengan wilayah mereka itu adalah milik kita. Jadi semuanya sudah jelas setelah SK tersebut diterbitkan. Kita dan kabupaten tetangga sudash sama-sama menandatangani SK tersebut,” tambahnya. (ujs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.