DLH akan Uji Kandungan Air di PAlu

0
70
Ilustrasi

PALU – Dinas Lingkunga Hidup (DLH) Kota Palu berencana melakukan pengujian air di Kota Palu untuk memastikan amannya konsumsi air masyarakat. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Kerusakan dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan (P2KPKL) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palu, Ir Tinus Siampa, di ruang kerjanya baru-baru ini.

Air yang diperiksa, kata Tinus, ialah air laut, mata  air, air tanah, serta air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palu yang telah menjadi konsumsi air bersih sebagian masyarakat Palu.

Pelaksanaan pengujian menurut Tinus, akan dilakukan bulan Oktober ini. Sekalipun demikian, untuk lokasi-lokasi pengambilan sampel airnya hingga saat ini belum ditentukan, karena masih menunggu persetujuan dari Kepala DLH Kota Palu Ramli Usman.

“Yang pasti, sampel air yang akan diuji menjadi representasi air di Palu. Karena sampel airnya akan dilakukan di beberapa titik nantinya,” ujar Tinus.

Pengujian air, lanjut Tinus, untuk memastikan kandungan air yang ada di Kota Palu. Sampel air yang telah diambil nanti akan dilakukan pengujian di laboratorium di Jakarta. Pasalnya hingga saat ini, belum ada laboratorium di Kota Palu yang bisa menguji kandungan air.

“Sampel airnya nanti akan kita bawa ke Jakarta. Ini tujuannya demi akuratnya hasil pengujian. Ketika sudah ada hasilnya, pemkot akan tahu kandungan air di kota ini. Apakah tingkat pencemarannya sudah berbahaya, atau masih dalam ambang batas,” tutupnya. (saf)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here