Jalan Rusak, Mobil Muat Sayur Terbalik di Napu

0
459
Mobil bak terbuka pengangkut sayur yang terbalik  Jalan ruas Poso-Napu, kemarin (23/11). (Foto: Budiyanto)

POSO- Kasus kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi ruas jalan Napu-Poso. Sebuah mini bus bak terbuka terbalik karena tak kuat menanjak dan jalan yang rusak di pendakian Pentodongia Napu kecamatan Lore Timur dalam perjalanan dari Napu menuju Poso.

Mini bus yang mengalami kecelakaan tunggal tersebut memuat sayur-mayur untuk dipasok kepada pedagang sayur di pasar Poso. Karena terbalik seluruh muatan sayur dan bahan rempah seprti, tomat dan kol tumpah di jalan.

Menurut Camat Lore Timur Jeri KS Gembu, jalan yang menjadi titik lokasi kecelakaan memang sangat dikeluhkan masyarakat karena kondisinya rusak dan sangat menanjak sekali. “Di titik jalan ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas. Jalannya rusak parah dan sangat menanjak,” sebut dia, kemarin (23/11). “Jalur ini yang sangat dikelukan semua mobil angkutan trutama angkutan hasil bumi yang kadang harus bolak balik Napu-Poso,” sambung Jeri.

Menurutnya, tanjakan jalan Pentodongia selepas padang Napu sangat panjang. Untuk kendaraan, khususnya mobil, bisa naik melewatinya harus ekstra hati-hati. Apalagi jika musim hujan dan mobil bermuatan berat. “Harusnya gunung pentodongia yang untuk jalan itu dikating supaya tidak terlalu menanjak. Kasian masyarakat pengguna jalan karena sering terjadi kecelakaan di tempat itu,” ujar mantan Kasubag Protokoler Bagian Humas Pemkab Poso ini. Jeri yang sering bolak-balik Napu-Poso untuk urusan dinas juga merasakan sulitnya kendaraan mendaki di tanjakan panjang pentodongia. “Kalau kita salah ambil star saat menanjak, maka sulit mobil bisa lolos naik ke atas,” ungkapnya menggambarkan. Karena masuk dalam wilayah kecamatannya, Jeri berharap ada penanganan segera dari pihak berwenang dalam hal ini Dinas PUPR Provinsi Sulteng. Sebab ruas jalan Poso-Napu berstatus jalan provinsi. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.