Air Sungai Pagimana di Luwuk Meluap

0
1380
Air sungai di ibukota Kecamatan Pagimana meluap di jalan raya, halaman hingga masuk ke dalam rumah warga di Kelurahan Pagimana dan di Desa Pisou. (Foto: Ist)

LUWUK–Air sungai Kelurahan Pagimana, Kabupaten Banggai, meluap ke jalan raya, halaman hingga masuk di dalam rumah warga. Tidak hanya di ibukota Kecamatan Pagimana, yang dilanda hujan lebat, tapi Desa Pisou, juga mengalami hal yang sama.

Sabtu (16/12) siang merupakan hari yang tidak bisa dilupakan oleh warga di Kelurahan Pagimana, khususnya yang berdomisili di Daerah Aliran Sungai (DAS) dan warga di Desa Pisou, Kecamatan Pagimana. Dua daerah berpenduduk itu, menjadi korban derasnya hujan di tengah hari bolong.

Camat Pagimana, Sumitro Balahanti pun meminta bantuan kepada tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Banggai untuk bisa membantu meringankan beban warganya.

“Iya, kami sudah meminta bantuan ke instansi terkait atas peristiwa tersebut,” ucapnya saat dihubungi Radar Sulteng via handphone, Sabtu (16/12) sore.

Menurut dia, atas kejadian tersebut, sembilan rumah di Kelurahan Pagimana terendam air. Demikian pula di Desa Pisou ada lima rumah warga yang mengalami hal serupa.

Ketika ditanyakan penyebabnya, Sumitro mengatakan, penyebabnya sungai di Kelurahan Pagimana serta saluran air alias roil di Desa Pisou terlalu kecil hingga tak mampu menahan dan menampung banyaknya air hujan.

Bupati Banggai, Herwin Yatim sendiri yang dihubungi koran ini mengatakan, turut prihatin dengan peristiwa yang terjadi di Kelurahan Pagimana dan Desa Pisou.

Herwin memberi kepastian bahwa pemerintah kabupaten Banggai melalui instansi terkait telah turun ke dua daerah tersebut, guna melakukan penanggulangan bencana alam.

“Saya turut prihatin dengan kejadian tersebut. Saya juga sudah memerintahkan instansi terkait untuk menuju ke tempat kejadian agar segera melakukan tindakan penanggulangan bencana,” tegas Herwin. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.