Cegah Difteri, Dinkes akan Bagi-bagi Masker Gratis

0
1048
Ilustrasi (@metrojambi.com)

PALU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palu dalam mencegah penularan virus Difteri di Kota Palu akan membagi-bagikan masker ke masyarakat, melalui Puskesmas-Puskesmas serta Puskesmas Pembantu (Pustu) lainnya.

Kepala Dinkes Kota Palu dr Royke Abraham menuturkan, pembagian masker ini adalah salah satu tindakan mencegah penularan dan penyebaran virus difteri. Sebab, di 2016 pernah ada kasus difteri di Sulteng.

“Kami upayakan pembagian masker ini semaksimal mungkin untuk mencegah penularan virus difteri di masyarakat, karena belajar dari pengalaman tahun sebelumnya Sulawesi Tengah ada kasus difteri sehingga kami inginnya mencegah daripada mengobati,” tuturnya.

Royke pun mengimbau kepada masyarakat yang ingin mendapatkan masker-masker tersebut bisa mendatangi Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kota Palu, di antaranya Puskesmas Kamonji, Sangurara, Tipo, Bulili, Birobuli, Mabelopura, Singgani, Talise, Kawatuna, Mamboro, Pantoloan dan Tawaeli.

Bukan hanya bekerja sama dengan Puskesmas-Puskesmas yang ada di Kota Palu, untuk melaksanakan pembagian masker-masker gratis untuk masyarakat, Dinkes juga bekerja sama dengan Puskesmas-Puskesmas Pembantu dan sejumlah instansi terkait.

Dengan pembagian masker gratis ke tengah-tengah  masyarakat tersebut diharapkan dapat menekan dan pertumbuhan virus difteri, jika ada di Kota Palu. “Pihak Puskesmas juga akan lakukan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk pembagian masker tersebut kepada pelajar dan melakukan pemeriksaan terhadap pelajar dan balita yang ada di Kota Palu yang belum pernah diberi vaksin sewaktu kecil,” urainya. (cr3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here