Peternakan Sapi di Napu Direalisir 2018

0
210
Ilustrasi (@jpnn.com)

PALU– Rencana pengembangan peternakan sapi di Napu, Kabupaten Poso dipastikan akan terealisasi 2018 mendatang. Setelah meninjau langsung lokasi pada November lalu, Gubernur H Longki Djanggola kembali meyakinkan kepada masyarakat bahwa pengembangan peternakan sapi di Lembah Napu sudah dimulai.

Hal ini disampaikannya usai melakukan upacara Hari Bakti Transmigrasi di Desa Watutau Rodo-Rodo, Kecamatan Lore Piore, Kabupaten Poso, Selasa pekan lalu (12/12).

Longki mengatakan bahwa lahan masyarakat yang luasnya kurang lebih 300 Ha, dipinjamkan kepada pemerintah daerah provinsi selama 20 sampai 50 tahun ke depan.

Sistem pinjam pakai itu, rencananya pemerintah akan membuat peternakan sapi yang saat ini dalam tahap pemagaran lokasi peternakan. “Sekarang sudah dipagar dan Insya Allah 2018 sudah akan difungsikan sebagai peternakan sapi, sesuai yang telah direncanakan,” sebutnya.

Untuk tahap awal, sapi yang akan diternakan di peternakan sapi Lembah Napu sebanyak 1.000 ekor. Terkait dengan rencana ini, Pemerintah Provinsi Sulteng telah membicarakannya dengan Dirjen Peternakan dan dipastikan akan teralisasi 2018. “Ada dua jenis sapi yang akan diternakan yakni jenis Brama dan Mongol,” sebut Longki.

Rencana ini kata Longki, merupakan bagian dari pemanfaatan lahan yang ada di Sulteng. Selain itu juga tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat. “Kami berupaya menjalankan program-program dimana tujuannya untuk kepentingan bersama dan semoga rencana ini akan berjalan dengan baik,” kata Gubernur. (jcc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here