IAIN Palu Miliki Rektor Baru

0
225
Rektor IAIN Palu periode 2017-2021, Prof Dr H Sagaf Pettalongi (ke empat dari kanan) saat mengikuti prosesi pelantikan di Kantor Kemenag RI, Jakarta, Jumat (22/12). (Foto: Ist)

PALU – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu resmi memiliki Rektor baru. Setelah berbagai tahapan seleksi yang dilalui mulai dari pendaftaran, penilaian oleh senat, uji kepatutan, hingga terpilih tiga nama untuk dipilih oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin selaku user. Akhirnya Lukman Hakim Saifuddin memantapkan pilihannya pada Prof Dr H Sagaf Pettalongi MPd untuk memimpin IAIN Palu hingga 2021 mendatang.

Alumni STAIN Ternate, Maluku Utara itu, dilantik digedung Kementerian Agama Republik Indonesia, Jumat (22/12) kemarin. Dihubungi  dari Palu, Prof Sagaf masih belum mau memberikan komentar banyak terkait terpilihnya dirinya menjadi orang nomor satu di satu-satunya perguruan tinggi Islam negeri di Sulteng tersebut. Dia hanya mengaku bersyukur atas amanah yang diberikan tersebut.

Pelantikan tersebut lanjut Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) itu, juga dilakukan bersamaan dengan pelantikan pejabat eselon I dan eselon II serta para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan di lingkungan Kemenag lainnya.

“Dilantik tadi pagi (kemarin, red), di Jakarta bersama staf ahli Menteri Agama dan Direktur perguruan tinggi Islam oleh Menteri Agama. Selanjutnya nanti saja di Palu,” jelasnya.

Prof Sagaf terpilih sebagai Rektor IAIN Palu, berhasil mengalahkan empat pesaingnya termasuk petahana Prof Dr H Zainal Abidin MAg, serta Dr Lukman S Thahir MA, Dr Adam, dan Dr Nasaruddin MAg.

Di IAIN Palu, Prof Sagaf, merupakan dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) serta merupakan guru besar bidang Manajemen Pendidikan Islam. Terpisah, Prof Zainal Abidin, dihubungi media ini, mengaku, menerima apa yang sudah menjadi keputusan dari Menteri Agama RI dengan menunjuk Prof Sagaf sebagai Rektor IAIN Palu menggantikannya. “Saya menerima keputusan itu. Memang sudah seperti ini pemilihan. Tinggal menunggu serah terima jabatan,” pungkas Ketua MUI Kota Palu itu. (saf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here