Ban Terlepas, Mobil Kijang Terbalik di Kebun Kopi

0
177
Mobil Kijang dari arah Toboli yang terbalik, karena ban belakang sebelah kiri tiba-tiba terlepas. Peristiwa ini terjadi di jalur Kebun Kopi, sekitar titik Km 14 dari arah Tawaeli, sekitar pukul 17.00 Wita, Senin (25/12). (Foto: Ist)

DONGGALA – Mobil kijang yang sedang memuat sekitar 8 penumpang, tiba-tiba ban sebelah kirinya terlepas. Akibatnya, mobil yang diperkirakan keluaran tahun 80-an tersebut, terhempas dan terbalik. Peristiwa tersebut, terjadi di jalur kebun kopi, di sekitar titik 14 km dari arah Tawaeli, pukul 17.00, Senin kemarin (25/12).

Akibat dari kecelakaan tersebut, satu penumpangnya yang diketahui bernama Suci, mengalami luka serius di bagian jari-jarinya sebelah kiri.

“Saya lihat tadi sebelum dilarikan, kemungkinan ada jarinya yang putus dan hancur,”kata salah seorang pengendara, yang tiba di tempat kejadian beberapa detik setelah peristiwa nahas tersebut terjadi.

Menurut warga di lokasi kejadian, Suci mengalami luka parah di jari-jarinya, diperkirakan terjepit dengan pintu saat badan mobil terbalik. Di dalam mobil, juga terdapat beberapa anak. Beruntung, anak-anak tersebut duduk bangku tengah dan belakang, sehingga tidak mengalami luka parah.

Hasil pemantauan, satu anak penumpang yang duduk di kursi belakang, lengannnya tampak terkilir. Namun di badannya, tidak terlihat luka dan bekas lebam.

Kronologis kejadian, menurut beberapa warga di lokasi kejadian, mobil terbalik karena ban bagian belakang sebelah kiri tiba-tiba terlepas saat mobil sedang melaju. Mobil dengan nomor Polisi DN 405 AZ tersebut, berangkat dari Desa Toboli dan hendak menuju ke Desa Labuan Kabupaten Donggala. Rombongan yang berada dalam mobil, pulang bersilaturahim.

Mobil yang mengalami musibah tersebut, diketahui dikemudikan oleh Afiudin. Suci yang menjadi korban, merupakan istri Afiudin. Dalam mobil, ada anak Afiudin dan Suci yang berumur sekitar 4 tahunan. Untungnya, Anak Afiudin tidak duduk bersama ayah dan ibunya di bagian depan, sehingga tidak mengalami luka serius.

Salah seorang pengendara motor yang berada di belakang mobil yang dikemudikan Afiudin, mengaku sempat melihat beberapa baut yang tercecer di tengah jalan. Namun belum sempat berpikir asal muasal baut tersebut, tiba-tiba pengendara motor Yamaha Vixion tersebut, dikagetkan dengan terbaliknya mobil kijang biru, tepat beberapa meter di depannya.

“Saya langsung lihat bannya, memang lepas. Saya pun langsung ingat beberapa baut yang saya lihat tercecer di tengah jalan. Dugaan saya benar, baut yang saya lihat tercecer itu, ternyata berasal dari mobil yang terbalik ini,”kata warga yang malu-malu menyebutkan namanya itu.

Saat peristiwa terjadi, cukup padat lalulintas kendaraan. Baik yang dari arah Palu atau dari arah Parigi. Peristiwa terbaliknya mobil yang dikemudian Afiudin tersebut, mengundang perhatian warga yang melintas.

Mobil yang terbalik tepat di berada di tengah jalan, sehingga arus lalulintas sempat macet. Beberapa pengendara, gotong royong mengevakuasi mobil ke pinggiran jalan. Saat akan dibalikkan, tercium bau bensin. Tidak lama kemudian, tampak bensin tumpah dari arah tangki ke badan jalan. Beberapa warga langsung sigap, meminta yang sedang merokok agar segera menjauh. Salah satu warga, juga membantu untuk mencabut kabel batterai, agar tidak menimbulkan percikan api. Selain bensin, oli juga tampak tumpah.

Sementara itu, sebelumnya sekitar pukul 04.00 dinihari, peristiwa kecelakaan hebat, juga terjadi di Desa Balinggi Parimo. Mobil Avanza hitam, yang ditumpangi satu keluarga, menghantam penyangga jembatan. Akibatnya, selain penyangga yang rusak, mobil juga tampak rusak berat.

Beruntung, seluruh penumpang tidak mengalami luka serius. Hanya tampak shock, mengalami peristiwa yang nyaris merenggut nyawa tersebut.

“Pengakuan sopir, dia mengantuk. Dalam mobil hanya tiga, suami, istri dan satu anaknya. Semuanya tidak apa-apa. Sopir mengaku dari Luwuk mau ke Palu. Penyebab kecelakaan, karena sopir mengantuk berat, setelah semalaman mengemudikan mobil dari Luwuk,”tandas Warga yang juga malu-malu menyebutkan namanya, saat ditemui di TKP.(hnf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here