Ini Nama Pengganti Kabupaten Bangkep yang Diwacanakan

0
1100
Peta Kabupaten Bangkep. (@thematic sulteng)

BANGKEP–Belakangan wacana pergantian nama Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) mencuat di tengah masyarakat. Bangkep sendiri lahir berdasarkan Undang-undang nomor 56 tahun 1999. Sedangkan saat ini, masyarakat menginginkan nama Kabupaten Bangkep diganti menjadi Kabupaten Kepulauan Peling.

Ketua DPRD Kabupaten Bangkep, Muh Risal Arwie SPdI, yang ditemui media ini, menyatakan persetujuannya atas pergantian nama Kabupaten Bangkep.

“Saya sepakat dengan aspirasi masyarakat yang menginginkan pergantian nama kabupaten. Hanya saja perlu juga diketahui, pergantian nama itu, akan memakan waktu dan harus menembus jalur parlemen pusat. Tapi komitmen kami, DPRD Bangkep tetap akan mengawal aspirasi masyarakat ini,” kata Risal Arwie.

Risal menambahkan, perubahan nomenklatur dalam UU, harus berdasarkan aspirasi masyarakat. Selanjutnya kata Risal, untuk mengetahui sejauh mana keinginan masyarakat terhadap perubahan nama kabupaten, maka DPRD akan mengusulkan jajak pendapat.

“Kita tentunya akan melakukan jajak pendapat ke seluruh lapisan masyarakat. Hasilnya akan dibawa ke DPRD untuk diparipurnakan,” jelasnya.

Pergantian nama kabupaten lanjut Risal, sudah didiskusikan dengan Bupati Bangkep, Zainal Mus. Hanya saja, lanjutnya, hingga saat ini masih menunggu kajian mendalam atas aspirasi perubahan nama tersebut.

“Sejauh ini alternatif namanya kabupaten Kepulauan Peling,” ungkapnya.

Namun kata dia, nama Kepulauan Peling itu, belum final, tidak menutup kemungkinan kata Risal, juga akan dicarikan nama-nama alternatif lainnya saat jajak pendapat nantinya.

Selain lewat jajak pendapat, Risal juga membuka ruang pendapat dan aspirasi masyarakat Bangkep melalui akun media sosial yang dimilikinya.

Risal menjelaskan, latar belakang wacana pergantian nama kabupaten Banggai Kepulauan, dilatari untuk meluruskan historis kerajaan Banggai yang berpusat di kota Banggai Kabupaten Banggai Laut. Di daratan Banggai, nama Banggai digunakan kabupaten Banggai yang beribu kota di Luwuk dan Banggai Kepulauan yang beribu kota di Salakan.

“Sesuai sejarahnya, Banggai berada di Banggai Laut. Ini semata-mata untuk meluruskan kepada generasi mendatang,” tambahnya.

Nama Peling sendiri dilatari dari Pulau Peling yang merupakan pulau induk di kabupaten Bangkep. (bar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here