Saggaf Pettalongi Resmi Pimpin IAIN Palu

0
502
Rektor IAIN Palu, Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd (kanan) saat berjabat tangan dengan Prof Dr H Zainal Abidin MAg, Rabu (27/12). (foto: Mugni Supardi)

PALU – Tiba saat bagi Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu periode 2013-2017, Prof Dr H Zainal Abidin MAg, untuk menyerahkan tonggak kepemimpinan pada Prof Dr H Saggaf S Pettalongi MPd. Disaksikan seluruh keluarga civitas akademika yang hadir, serah terima jabatan (Sertijab) Rektor periode 2017-2021 berlangsung secara sederhana di Auditorium IAIN Palu, Rabu (27/12).

Pada kesempatan tersebut, Prof Zainal Abidin mengucapkan permohonan maaf dan terima kasih sedalam-dalamnya kepada seluruh civitas akademika IAIN Palu yang telah lama bekerja bersama-sama untuk membangun kampus ini dari berstatus STAIN sampai beralih dengan nama IAIN. Menurut Prof Zainal Abidin, apa yang diperoleh selama ini adalah hasil dari kerjasama tersebut. Prof Zainal Abidin memimpin sejak masih berstatus STAIN dari tahun 2010-2013, dan memimpin IAIN dari tahun 2013-2017.

“Hari ini (kemarin, red) IAIN Palu memulai sebuah babakan baru, memiliki seorang rektor baru. Saya atas nama pribadi menyampaikan ucapan selamat kepada Prof Saggaf S Pettalongi,” kata Prof Zainal Abidin saat menyampaikan sambutannya. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palu itu sampai terharu saat memberikan sambutan.

Prof Zainal Abidin juga mengajak civitas akademika untuk mendoakan Prof Saggaf S Pettalongi dalam memimpin IAIN Palu ke depan.  “Kita doakan akan membuat IAIN Palu semakin baik dari hari ini,” sebut Prof Zainal Abidin yang langsung disambut tepuk tangan dari tamu undangan.

Sementara itu Rektor IAIN Palu Prof Dr H Saggaf S Pettalongi mengatakan akan memfokuskan pengembangan perguruan tinggi pada peningkatan mutu. Karena salah satu daya saing yang bisa di bawa untuk bersaing dengan perguruan tinggi yang lain hanya dengan meningkatkan mutu, baik itu mutu tenaga pendidik dan kependidikan maupun mutu para alumni-alumni IAIN.

“Ke depan kita akan mengusung peningkatan mutu sebagai muara utama dalam pengembangan IAIN, khususnya 4 tahun ke depan,” tegas Prof Saggaf S Pettalongi.

Disisi lain, Prof Saggaf S Pettalongi juga berterima kasih dan mengapresiasi kerja keras atas pimpinan-pimpinan terdahulu sampai pada periode Prof Zainal Abidin. Sebagai rektor yang baru, kata Prof Saggaf S Pettalongi  sangat berharap dukungan dari civitas akademika IAIN Palu, serta masukan dan kontribusi dari Prof Zainal Abidin yang tentunya masih begitu diharapkan. “Bagaimanapun beliau dua kali memimpin dalam dua lembaga yang berbeda, meskipun isinya sama,” ujarnya.

Diakhir kegiatan Sertijab yang dihadiri seluruh unsur pejabat lingkup civitas akademika IAIN Palu ini dilakukan jabat tangan kepada rektor baru dan lama.(acm/exp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.