Izin Tinggal Kunjungan WNA di Luwuk Tembus 13 Ribu

0
305
Ilustrasi

LUWUK–Penerbitan Izin Tinggal Kunjungan (ITK) bagi Warga Negara Asing (WNA) di Luwuk, tembus 13.824 orang.

Kepala Imigrasi Kelas III Banggai, Novly T N Momongan SE, kepada Radar Sulteng di ruang kerjanya, Kamis (28/12) kemarin, mengatakan, berdasarkan jumlah warga negara asing yang mengajukan izin tinggal kunjungan di wilayah 6, kabupaten bagian timur provinsi Sulawesi Tengah, mencapai lebih dari 13 ribu orang.

“Data kami terakhir, jumlah WNA yang mengurus ITK sejumlah 13.824 orang,” ucap Novly, sapaannya.

Jumlah itu lanjut dia, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya, dimana tahun 2016, jumlah warga negara asing yang mengurus izin tingkat kunjungan di kabupaten Banggai, Banggai Kepulauan, Banggai Laut, Tojo Una-Una, Morowali dan Morowali Utara, hanya 2.234 orang.

Ketika ditanyakan, negara apa saja yang tembus masuk di wilayah kerjanya tahun 2017, Novly mengatakan, warga negara asing terbanyak dari negara Cina sejumlah 13.790 orang. Disusul Jerman 11 orang, India 8 orang, Banglades 8 orang dan negara Malaysia 7 orang.

“Semuanya berkedudukan di Kabupaten Morowali, Morowali Utara, Banggai, Tojo Una-Una dan Kabupaten Banggai Kepulauan serta Banggai Laut,” tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa maksud kunjungan WNA di daerah ini bervariasi, mulai terkait bisnis, keluarga, mengikuti seminar hingga pembuatan film dan lainnya. Dengan jumlah WNA terbanyak berjenis kelamin laki-laki.

“Yang mengurus ITK kebanyakan laki-laki,” pungkasnya. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.