Empat Partai Usung Vera-Taufik ke Pilkada Donggala

0
692

DONGGALA-Di hari pertama pendaftaran bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Donggala, pasangan incumbent Vera Elena Laruni-Taufik Burhan mendapat dukungan dari empat partai yaitu Partai Golkar, PKB, PKPI, dan Partai Demokrat.

Vera Laruni bersama pasangan Wabup Taufik Burhan saat menjelaskan majunya pasangan ini, kepara para wartawan, Senin (8/1). (Foto: Ist)

Pasca mendapatkan tandatangan dari para ketua partai pusat, untuk mengucapkan rasa syukurnya, para simpatisan dan pendukung Vera Laruni-Taufik Burhan (Vegata) melaklukan konvoi damai di Donggala dan sekitarnya.

“Kami telah mendapatkan dukungan dari empat partai sebagai partai pengusung, “ jelas Vera Laruni, saat konfrensi pers dengan wartawan, didampingi balon Wabup Taufik Burhan, Andi Baso Ketua Seksi Organisasi DPD II Golkar Donggala, dan dua orang pengurus dari PKB dan PKPI, di Posko Pemenangan Vera-Taufik, kemarin (8/1).

Menurut Vera, mengingat kebutuhan masyarakat Donggala untuk membangun Donggala yang lebih baik lagi, maka dirinya berpasangan dengan Taufik, yang memiliki kekuatan basis massa di Bawana dan Pantai Barat. “ Saya dengan pak Taufik ini akan berupaya membuat Kabupaten Donggala lebih maju lagi, “ tegas Vera.

Dirinya merasa yakin di Pilkada Donggala kali ini akan meraih kemenangan besar, mengingat basis massanya berada di berbagai tempat di semua kecamatan. Apalagi Taufik Burhan sebagai tokoh birokrat pernah beberapa kali menjadi Camat di Kabupaten Donggala dan pernah menjabat kepala dinas, tentunya ini menjadi modal berharga bagi kedua pasangan ini.

Sementara dari partai pengusung berencana akan menggelar deklarasi pasangan dan segera mendaftar ke KPU, setelah tim kemenangan dibentuk dan  menyusun visi dan misi pasangan. “ Dalam waktu dekat ini kami akan melakukan deklrasi pasangan bersama partai pengusung, setelah Ketua DPD I Partai Golkar Sulteng pak Arus Abd Karim pulang kembali ke Palu, “ terang Vera dan beberapa orang pengurus  partai pengusung yang hadir kemarin.

Dua pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Donggala secara resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuaten Donggala, Senin (8/1) pagi kemarin. Masing-masing Balon Bupati didampingi oleh relawannya.

Suandi-Abdurahcman Kasim menjadi pendaftar pertama yang datang di KPUD Donggala, sekira Pukul 09.30 Wita.  Pasangan yang maju lewat jalur perseorangan ini diterima oleh ketua komisioner KPUD Donggala beserta jajarannya.

Setelah melakukan pemeriksaan berkas pendaftaran calon selama kurang lebih dua jam, KPU Donggala menyatakan berkas keduanya belum lengkap. Suandi dan Abdurahman Kasim kemudian memberikan surat pernyataan diatas kertas bermaterai untuk melengkapi seluruh berkas pendaftaran sampai batas waktu yang di tentukan, yakni Rabu 10 Januari 2018.

Beberapa dokumen yang belum dilengkap dari pasangan surat keterangan dari KPK tentang laporan kekayaan calon bupati dan wakil bupati, surat ketarangan dari pengadilan tentang calon tidak sedang dalam pailit, dan beberapa dokumen lainya.

Setelah mendaftar, Suandi dan Abdurahcman Kasim menyatakan yakin bisa melengkapi seluruh dokumen pendaftaran sampai batas waktu yang ditentukan.

Setelah Suandi dan Abdurachman Kasim, Bakal calon kedua yang mendaftar yaitu pasangan Vera Elena Laruni – Taufik M Burhan yang dikawal ratusan pendukung dan simpatisan untuk proses pendaftaran yang diterima oleh komisioner KPU.

Berkas pendaftaran diserahkan langsung sekretaris Partai Golkar Donggala, Sapri Laupa didampingi pasangan calon. Tampak beberapa pengurus partai pengusung yang turut hadir yakni Ketua DPC Demokrat Donggala, Aripudin Hatba dan Ketua DPC PKB Donggala, Kaharuddin Karding menyerahkan dokumen pendaftaran kepada ketua KPU Donggala.

Setelah melakukan pemeriksaan berkas pendaftaran, KPUD Donggala menyatakan dokumen Vera Elena Laruni-Taufik M Burhan dinyatakan lengkap. Namun salah satu partai pengusung, yaitu Demokrat surat rekomendasinya belum ditanda tangani oleh Ketua umum partai demokrat.

Salah seorang pengurus partai Golkar, Sofyan Yotolembah optimis dan yakin pasangan calon yang disusung memenangkan Pilkada 2018. “Yakin menang, kami tidak akan bertarung kalau tidak yakin,” ungkap wakil ketua I DPRD Donggala.

Pada Pilkada Donggala tahun 2018, pasangan calon Vera Elena Laruni – Taufik M Burhan di usung oleh empat Parpol yakni partai Golkar, PKB, Demokrat dan PKPI. (ujs/mch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here