Terdaftar di UCI, TdCC Resmi Jadi Agenda Dunia

2
699

PALU– Suksesnya Tour de Central Celebes (TdCC) 2017 membuat iven itu mendunia. Induk organisasi sepeda internasional Union Cycliste Internationale (UCI) telah mendaftarkan TdCC sebagai agenda tetap.

Para pebalap melintas jalur tanjakan di kebun kopi Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (8/11) lalu. (Foto: Ahmad Ibrahim)

Gubernur H Longki Djanggola mengungkapkan hal itu saat memimpin rapat  Persiapan Pelaksanaan TdCC Tahun 2018 di ruang Polibu kantor gubernur, kemarin (8/1). Gubernur saat itu didampingi Sekdaprov Suteng HM Hidayat Lamakarate selaku ketua umum pelaksanaan TdCC 2018, wakil ketua DPRD Sulteng, dan Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Hj Zalzulmida A. Djanggola. Rapat dihadiri pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulteng, pemerintah kabupaten dan kota, serta unsur perbankan.

Gubernur mengatakan, pihak UCI telah menetapkan pelaksanaan TdCC 2018 digelar bulan Oktober mendatang, yakni tanggal 17 s/d 22 Oktober 2018. ‘’Jadwal ini adalah jadwal dari UCI. Kita minta supaya pelaksanaan TdCC tetap di bulan November tetapi oleh UCI tidak disanggupi karena ada agenda internasional juga yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang kita mintakan,’’ kata Gubernur.

Dengan penetapan itu, pelaksanaan TdCC di bulan Oktober tidak bisa bergeser, diundur atau dimajukan. Karena itu Gubernur mengharapkan pemerintah kabupaten dan kota yang masuk dalam lintasan TdCC 2018 segera menyesuaikan kegiatan atau agenda untuk memeriahkan iven TdCC. Misalnya agenda Festival Lipuku dari Kabupaten Tojo Una Una, Festival Danau Poso dari Kabupaten Poso, dan agenda-agenda lainnya di kabupaten dan kota.

Pelaksanaan TdCC bekerja sama pemerintah kabupaten dan kota. Jika tahun lalu hanya melibatkan Kabupaten Tojo Una Una, Kabupaten Poso, Kabupaten Parigi Moutong, Kabupaten Sigi, dan Kota Palu, tahu ini ditambah dengan Kabupaten Banggai dan Kabupaten Donggala. Beberapa waktu laku Pemprov Sulteng telah melakukan penandatanganan MoU dengan daerah-daerah tersebut, kemudian ditindak lanjut dengan surat agar kabupaten/kota dapat menyiapkan sedini mungkin seluruh kebutuhan pelaksanaan TdCC sesuai dengan kewenangannya termasuk anggarannya pada APBD murni bukan pada APBD perubahan karena pelaksanaan TDCC Tahun 2018 digelar bulan Oktober.

Dalam rapat tersebut Gubernur juga mengharapkan adanya dukungan dari pihak perbankan. Kepala OJK untuk dapat memberikan dukungan dan dapat menjalin sponsorship pada TdCC Tahun 2018.

Dr Hasan, perwakilan UCI menyampaikan bahwa pelaksanaan TdCC 2017 sudah mendapat perhatian dari dunia internasional. Dia mengatakan, pelaksanaan TdCC Tahun 2018 akan diikuti oleh 18 kontingen dan diharapkan masih dapat bertambah.

Menurutnya, finalisasi etape yang akan dilalui sudah dapat ditetapkan setelah dilakukan survey dengan UCI pada bulan April 2018 mendatang.(sya/*)

2 COMMENTS

  1. Kata ke 8 di paragraf pertama. Kata “iven” (*re: EVENT) bisa diganti dengan kata kegiatan atau acara. Lebih baik menggunakan bahasa Indonesia yang benar daripada menggunakan bahasa inggris yang salah

    • Terima kasih koreksinya. Iven adalah kata serapan dari Inggirs (event) yang diIndonesiakan. Kalau pun belum baku, adalah kebijaka redaksional kami menggunakan itu. Sama halanya dengan “pick-up” yang kami Indonesiakan dengan “pikap”, atau “dealer” menjadi “diler”. terima kasih perhatiannya.. sukses..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.