Babinsa Tangkap Anggota TNI-AU Gadungan

0
826

BANGGAI – Warga di Kecamatan Toili Kabupaten Banggai, dibuat resah seorang oknum anggota TNI-AU gadungan bernama Ahmad Ari Buwono.

Oknum anggota TNI AU gadungan (tengah) berhasil ditangkap Babinsa Toili dan diserahkan kepada Kapolsek Tolili (kiri) dan Danramil Toili (kanan). (Foto: Ist)

Pria yang lahir di Blitar pada 31 tahun silam itu, berbuat ulah melakukan tindak pidana penipuan terhadap sejumlah warga di sana.

Modus operandi yang dipakainya adalah mengajak korban untuk menjalankan usaha barunya. Sebelum dijalankan usaha tersebut, sang korban harus meminjamkan kepadanya sejumlah uang tunai, dengan jaminan akan dikembalikan setelah menerima hasil panen milik pelaku.

Entah apa yang terjadi, yang pasti, sejumlah korban mengiyakan keinginan oknum TNI gadungan tersebut. Salah satunya, M. Shodiq (40), warga Desa Jqaya Kencana, Kecamatan Toili. Uang sejumlah Rp38 Juta lebih miliknya, diberikan kepada Ahmad Ari Buwono.

Sayangnya, beberapa bulan kemudian, uang yang diserahkan tak kunjung balik. Usaha untuk mendapatkan kembali uangnya pun tak berhasil. Sebab sang TNI-AU gadungan itu, selalu menghindar. Bahkan sempat meninggalkan kecamatan Toili dan tinggal di Kota Palu selama beberapa bulan. Sialnya, saat kembali ke Toili untuk menjemput anaknya, keberadaan Ahmad Ari Buwono diketahui oleh M. Shodiq, sehingga diapun melaporkan hal itu kepada Babinsa setempat.

“Ketika Babinsa Serda Nekat Sastro Ali Wijoyo mendapat informasi tersebut, langsung menuju rumah Ahmad dan menangkapnya di sana. Tentara gadungan itu langsung digelandang ke rumah Babinsa,” ucap Danramil 1308 Batui, Kapten Inf Herman kepada Radar Sulteng, semalam.

Kini tentara gadungan itu, lanjut mantan Pasi Ops Kodim 1308 Luwuk Banggai, setelah diamankan Babinsa langsung diserahkan ke Polsek Toili untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Kapolsek Toili, Iptu Akwan yang dikonfirmasi Radar Sulteng, membenarkan telah menahan Ahmad Ari Buwono, pria yang mengaku sebagai anggota TNI-AU berpangkat letnan satu udara itu.

“Iya, kami sudah menahannya seorang pria yang mengaku sebagai anggota TNI-AU berpangkat letnan satu udara dengan kasus dugaan tindak pidana penipuan,” jelasnya singkat. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.