Delapan Rumah Diterjang Gelombang Air Pasang di Bunta

0
1564

BANGGAI – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kecamatan Bunta dan sekitarnya, Kamis (18/1) malam, mengakibatkan satu rumah milik Rahim Pakaya (50) di Kelurahan Bunta Satu, porak poranda oleh Gelombang Air Pasang (GAP). Selain satu rumah di Kelurahan Bunta Satu, tujuh rumah di pesisir pantai Desa Pongian juga ikut mengalami kerusakan.

Camat Bunta, Ismed via telephone, Jumat (19/1) kemarin mengaku ada delapan rumah warga yang mengalami rusak. “Kedelapan rumah itu terbagi di dua desa yakni Kelurahan Bunta Satu sebanyak 1 rumah dan di Desa Pongian sebanyak 7 rumah,“ jelasnya.

Kendati ada kerugian material dan dia tidak mau menyebutkan jumlahnya, namun Ismed bersyukur kejadian bencana alam yang menimpa warganya tersebut tidak menelan korban jiwa. Ketika ditanyakan, tindakan yang dilakukan pihak pemerintah, dia menjelaskan dirinya sudah melaporkan peristiwa tersebut kepada bupati Banggai, Herwin Yatim dan instansi terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banggai. “Kami sudah melaporkan hal ini kepada bupati Banggai dan beberapa instansi terkait,” jelasnya lagi.

Sementara di tempat terpisah, Kepala BPBD Kabupaten Banggai, Rensly Saadjad kepada koran ini mengatakan, melihat kondisi ombak yang masih “menggamuk” di laut Bunta, pihaknya sudah menyiapkan kurang lebih 500 karung yang berisikan pasir.

“Semua karung itu akan digunakan untuk dibuatkan tembok sementara di sepanjang pantai, agar ketika ombak besar datang, bisa terhalang dan mengurangi kerugian dan kerusakan rumah penduduk yang berada di sekitar pantai, sambil menunggu penangganan lanjut dari pemerintah daerah,” katanya. Sementara dari pantauan koran ini di lokasi kejadian kemarin sore, pihak Dinas Sosial Kabupatebn Banggai di bawah pimpinan Sofyan Lalusu selaku kepala dinas telah memberikan bantuan sembako dan kelengkapan rumah tangga. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.