Beda Tahun Lahir, Ijazah Cabup Parimo Disoal

0
1107

PARIMO-Ijazah Calon Bupati (Cabup) Parimo periode 2018-2023, Samsurizal Tombolotutu disoal. Sejumlah masa mengatasnamakan masyarakat peduli demokrasi mendatangi kantor KPU Parimo, Senin (22/1).

Penanggungjawab aksi, Sukri Tjakunu saat berorasi menyoal ijazah Cabup Samsurizal, Senin (22/1). (Foto: Iwan Rusman)

Mereka menyoal tahun lahir incumbent Samsurizal yang diduga berbeda dengan dokumen lainnya. Di dokumen lain tahun lahir 1958, sementara di ijazah tahun lahir Samsurizal adalah 1957.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Amelia Idris, ditemui mengatakan bahwa menyangkut ijazah, sesuai dengan aturan KPU, dilakukan klarifikasi terhadap ijazah. “Mengklarifikasi ijazah sudah kita lakukan khususnya SMA,”ujarnya.

Diminta kepada KPU agar melakukan koordinasi dengan KPU RI dan Provinsi. “Kami menerima tuntutan ini dan akan dikoordinasikan, terkait dengan dugaan-dugaan tadi,”jelasnya.

Selain itu, mereka juga meminta agar hasil koordinasi yang dilakukan dengan KPU RI serta Provinsi dibuka hasilnya. Demikian juga dengan laporan harta kekayaan semua kandidat mereka minta agar dipublikasikan.

Berkaitan dengan perbedaan tahun lahir di ijazah, KPU Parimo sudah melakukan penelitian. Memang benar di ijazah tersebut ditemukan tahun lahir 1957.

Namun di dalam ijazah tersebut ada pembatalan, ditandatangani oleh kepala sekolah yang sama yakni kepala SMA Tinombo, bahwa tahun lahir yang benar adalah 1958 bukan 1957.

“Itulah penegasan kepala sekolah yang sudah kami klarifikasi dan sudah dibuatkan dalam berita acara,”terangnya.

Terkait dengan tuntutan tersebut KPU akan memperjelas lagi dengan melakukan upaya koordinasi ke tingkat provinsi. “Yang jelas apapun hasilnya dari hasil KPU Provinsi bahwa syarat calon sudah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon itu yang dinyatakan memenuhi syarat,”jelas Amelia.

Sementara berkaitan soal ijazah palsu atau asli bukan merupakan kewenangan KPU. “Kewenangan kita hanya keabsahannya, kelengkapan dari syarat-syarat dokumen itu saja,”tandasnya.(iwn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.