Satu Balon Jalur Perseorangan Pilkada Donggala Tak Penuhi Syarat

0
944

DONGGALA-Berdasarkan hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala, Minggu (21/1/2018) enam bakal colon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Donggala dinyatakan memenuhi syarat setelah melewati masa perbaikan. Namun satu bakal calon dari jalur perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat yakni pasangan Tema Muhammad-Rusli Zamzami Said.

Pasangan Tema Muhammad dan Rusli Zamsami Said yang dinyatakan gugur atau TMS oleh KPU Donggala. (Foto: dok)

Komisioner Devisi Teknis KPU Donggala, Tazkir Sulaiman mengungkapkan, pasangan Tema Muhammad–Rusli Zamzami Said lambat memasukan berkas dokumen perbaikan syarat pencalonan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan yakni pukul 24.00 wita, Sabtu (20/1) sehingga dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) setelah dilakukan rapat pleno pada Minggu (21/1).

“Pasangan Tema Muhammad–Rusli Zamzami Said hanya datang membawa formulir b2 kwk sementara dukungan rekapitulasi dukungan per desa dan per kecamatan tidak ada dokumenya. KPU memperkenankan untuk dibuat, tetapi persoalanya ketentuan batas akhir pemasukan perbaikan berkas pukul 24.00. Karena batas waktu sudah lewat dan perbaikan belum rampung maka KPU berkesimpulan untuk segera melakukan pleno,”  ujar Tazkir.

Tazkir mengatakan,  pada pasal 61 PKPU nomor 3 tahun 2017 mengamanahkan KPU berhak tidak menerima  dokumen Balon yang belum lengkap sebagai syarat pencalonan. KPU memberikan kesempatan kepada pasangan Tema Muhammad–Rusli Zamzami Said untuk melapor ke Panwaslu Donggala.

“Kita tunggu saja hasil dari Panwaslu Donggala. Nanti kalau Panwaslu memutuskan untuk terima pendaftaran kembali, KPU akan menerima yang jelas kita menunggu rekomandasi Panwaslu,” tandasnya. (ujs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.