Tes Psikologi Nyatakan RM Tidak Bermasalah, Diminta Mengajar Kembali

0
1062

PALU – Dinas Pendidikan Kota Palu, Senin (22/1) kemarin memberikan hasil tes psikologi terhadap salah seorang guru yang dituduh melakukan tindakan asusila terhadap salah seorang siswa. Hasilnya pun, menyebutkan bahwa guru tersebut, psikologinya dalam kondisi yang baik dan tidak menunjukkan ciri kepribadian yang menyimpang.

Ilsutrasi (@radarcirebon.com)

Hasil tes psikologi guru berinisial RM itu, dibacakan langsung Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Palu, Yabidin, di hadapan puluhan orang tua murid Senin (22/1) kemarin.

Orang tua murid memang sengaja diundang untuk meluruskan informasi yang sengaja dihembuskan oleh salah seorang oknum guru di sekolah tersebut. Meski secara umum kondisi psikologi yang baik dan mampu mengerjakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan tidak menunjukkan ciri kepribadian yang menyimpang, namun membutuhkan pendampingan spikologis untuk meningkatkan harga diri.

“Hasil ini tanpa intervensi sedikitpun dari pihak sekolah atau dari siapapun, semua murni adalah hasil pemeriksaan tim ahli dan bapak ibu ketahui para dokter dan psikologi sudah diambil sumpahnya untuk melakukan tes, uji yang benar-benar valid,” ungkap Yabidin.

RM pun yang merasa tidak pernah melakukan hal tersebut dengan sengaja mendatangi Polres Palu dan Polda Sulteng, yang selanjutnya diarahkan untuk melakukan tes psikologi di RS Jiwa Madani. Hasil yang juga yang menyatakan RM tidak mengalami gangguan jiwa ini pun, juga dilaporkan ke pihak kepolisian, sehingga masalah ini pun dikembalikan ke pihak sekolah.

“Intinya RM ingin mengembalikan nama baiknya, sehingga berinisiatif sendiri datang ke pihak kepolisian,” jelas Yabidin.

Menanggapi hasil tes psikologi RM, yang sekarang ditarik ke dinas pendidikan beberapa orang tua siswa yang hadir menanggapi positif dan berharap RM dapat kembali mengajar seperti biasa, meskipun ada salah satu orang tua murid yang mengaharap pihak sekolah mempertimbangkan kembali hasil tersebut.

Ditemui setelah rapat selesai, Kepala SDN 3 Palu, Nikmat mengatakan, bahwa pihaknya telah memanggil guru yang diduga melakukan penyebaran informasi awal tersebut, dan menyerahkan ke Dinas Pendidikan untuk menindaklanjutinya.

Terkait hal itu pula, Yabidin mengaku, bakal melakukan koordinasi dahulu kepada kepala dinas, terkait tindakan apa yang bakal dilakukan terhadap oknum guru yang menyebarkan informasi awal tersebut. (cr6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.