Limbah Bottom Ash PLTU Panau akan DIbuang di Lambara

0
247

PALU – Wilayah pegunungan di Kelurahan Lambara, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu dipilih sebagai salah satu lokasi penampungan limbah hasil pembakaran batu bara (bottom ash) PLTU Panau.  Bottom ash yang ada saat ini pun, bakal ikut dipindahkan ke lokasi tersebut.

Beginilah limbah batu bara dari PLTU yang menggunung dibuang di dekat aliran sungai yang mengalir ke laut. (Foto: Safrudin)

Hal itu diputuskan dalam rapat yang digelar pihak pemerintah kota bersama pengelola PLTU dan perwakilan masyarakat.  Opsi ini pun telah didukung oleh pihak PLTU dan siap memfasilitasi untuk memindahkan limbah tersebut ke daerah pengunungan di Kelurahan Lambara Kecamatan Tawaili menggunakan mobil truck yang didesain khusus.

Lurah Lambara, Raib Abdillah mengatakan, masyarakat di Kelurahan Lambara sudah mengetahui hal ini bahkan pihak Kelurahan telah melakukan sosialisai analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan pembebasan lahan di sekitar pengunungan Kelurahan Lamabara. “Kalau memang ini yang sudah ditetapkan Pemerintah Kota , kami siap,“ tuturnya.

Lanjut Raib, masyarakat menerima hal tersebut karena pembuangan tersebut tidak seperti pembuangan yang ada di Panau, sesuai dari hasil sosialisi. Tempat pembuangan tersebut akan dibuatkan bak semen dan ditutup dengan plastic geo membran. Sosialisai ini pun juga dihadiri langsung dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Masyarakat  Lambara telah melakukan kesepakatan dengan Pihak PLTU melalui Kelurahan dengan memberdayakan  masyarakat sekitar untuk menjadi pekerja di sekitar lokasi pembuangan limbah di wilayah tersebut. PLTU juga siap memfasilitasi dengan memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan sisa limbah PLTU untuk dikelola menjadi pavin dan batako.

Perencanaan ini sudah dibahas dari beberapa bulan yang lalu bahkan 2017 silam, pemindahan itu sudah akan dilakukan akan tetapi menuai penolakan dari masyarakat Kayumalue karena khawatir akan dampak yang dihasilkan dari Limbah yang dihasilkan PLTU Panau tersebut. Pihak kelurahan juga akan diundang rapat kembali oleh Wali Kota Palu pada Rabu mendatang. (cr8)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here