Hindari Motor, Mobil Damkar Terbalik, 3 Tewas

0
835
Mobil Damkar terbalik dan petugas Damkar menjadi korban jiwa. (Foto: Budiyanto)

POSO– Tiga orang petugas pemadan kebakaran dari Badan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP-Damkar) Poso tewas setelah mobil Damkar yang terbalik di tikungan tajam penurunan Jalan Umanasoli Kompleks Manui Kelurahan Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara, Selasa (30/1.

Mobil terbalik dalam perjalanan ke dusun Kanawu kelurahan Madale kecamatan Poso Kota Utara untuk memadamkan api yang membakar rumah warga bernama Sabang.

Ketiga korbam tewas yaitu Bahram Khan Samudin (38) alamat jalan Patimura Kelurahan Bonesompe kecamatan Poso Kota Utara, Imran Jafar (47) alamat jalan pulau Tarakan Kelurahan Gebangrejo Timur kecamatan Poso Kota, dan Fadli Panai (30) alamat kelurahan Bonesompe Kecamatan Poso Kota Utara. Selain korban jiwa, kecelakaan tunggal ini juga mengakibatkan tiga petugas Damkar lain mengalami luka berat. Tiga korban luka berat yakni Amir Alamri warga Bonesompe kecamatan Podo Kota Utara,  Ahmad Afandi Podungge alamat Bonesompe Kecamatan Poso kota Utara, dan

Alpian alamat jalan pulau Irian jaya kelurahan Gebangrejo Barat kecamatan Poso Kota. Semua korban meninggal dunia dan luka berat merupakan pegawai Badan Pol PP dan Damkar. Bahkan Amir Alamri di ketahui menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Damkar.

Romi (27), saksi mata di TKP Lakalantas, menyebut mobil yang disopiri Fandi, pegawai Damkar, ini terbalik setelah mengalami oleng usai berpapasan dengan sebuah sepeda motor yang muncul ditikungan jalan dari arah berlawanan. “Mobil Damkar ini kan lari laju dari arah kota. Mungkin karena menghindari motor yang muncul di tikungan dari arah muka, mobil keliatan oleng dan langsung terbalik,” tutur Romi.

Romi melihat mobil nahas tersebut ditumpangi lebih dari lima orang. Tiga orang dilihatnya berdiri di antara kepala mobil dan tangki air pemadam, sementara dua lain duduk di kursi depan dengan sopir. “Yang meninggal langsung di TKP ada dua orang. Keduanya tewas tertindih badan mobil,” ungkap pemuda asal Lawanga ini.

Kepala Polres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto membenarkan telah terjadinya kecelakaan maut tersebut. Kata dia, kecelakaan maut mobil Damkar pemkab Poso ini bermula usai mobil berpapasan dengan sebuah sepeda motor Jupiter MX. Mobil mengalami kecelakaan dalam perjalanan ke lokasi rumah terbakar di dusun Kanawu kelurahan Madale. Informasi kebakaran masuk melalui telepon di Kantor Damkar sekitar jam 09.00 wita. Tak lama berselang, 5 unit mobil pemadam kebakaran berangkat menuju ke TKP. “Ketika memasuki jalan penururan Manui mobil nahas yang berada pada posisi paling depan dengan jumlah penumpang 8 orang ini tergelincir ketika hendak menghindari pengendara motor yang muncul dari arah Tegalrejo menuju kota,” jelas Kapolres Bogiek yang memimpin langsung evakuasi korban dan mobil di TKP kecelakaan.

Petugas Polantas Polres Poso yang dibantu Brimob dan TNI bertindak cepat pasca kecelakaan. Setelah mengevakuasi seluruh korban MD, luka berat, dan luka ringan ke RSUD Poso, mereka langsung bergerak melakukan olah TKP dan mengevakuasi mobil Damkar yang suda ringsek. Evakuasi mobil damkar dilakukan menggunakan eksavator. Proses evakuasi korban mobil disaksikan ratusan warga.

Pada sore hari, ketiga korban meninggal dunia lakalantas Damkar dimakamkan keluarga yang dihadiri Wabup Samsuri dan pejabat pemkab Poso lain.(bud)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.