Operasi Bocah Secara Herbal, IDI Polisikan Dokteroid Abdullah Louis

0
995

BANGGAI – Inilah dampak dari kebebasan dalam menyampaikan informasi ke publik. Video youtube Dokteroid Abdullah Louis (48), saat melakukan operasi kecil secara herbal tanpa peralatan medis steril dan viral di media sosial itu, berujung malapetaka. Niat baik untuk menolong bocah perempuan, Nabiah, harus membuat sang dokteroid harus berurusan dengan pihak berwajib.

Nabiah, bocah perempuan yang tubuhnya menjadi korban tindakan praktik dokteroid Abdullah Louis dan sempat viral di media sosial, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta. Tampak Nabiah saat masih berada di Rumah Sakit Umum Daerah Luwuk. (Foto: Ist)

Minggu lalu, dia (Abdullah Louis, red) dilaporkan oleh Pengurus Cabang Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Banggai ke Kepolisian Resort Banggai. Atas laporan yang ditanda tangani Ketua IDI Cabang Luwuk, dr. Riza Nasution, sang dokteroid itu harus mendekam di balik terali besi Polres Banggai.

Ketua IDI Cabang Luwuk, dr. Riza Nasution mengaku telah membuat laporan polisi terhadap diri Abdullah Louis.

“Iya, minggu lalu, saya atas nama Ikatan Dokter Indonesia telah melaporkan Abdullah Louis,” katanya. Alasan yang disampaikan dokter Riza, tidak lain karena Abdullah Louis, bukanlah seorang dokter, sebagaimana kartu nama yang sempat beredar di media sosial.

“Saya sudah cek di organisasi kami, ternyata nama yang bersangkutan tidak terdaftar atau teregistrasi sebagaimana layaknya seorang dokter,” tegasnya lagi.

Lebih jauh dia katakan, melihat tindakan yang dilakukan dokteroid Abdullah Louis terhadap tubuh bocah perempuan, Nabiah, maka secara medis hal ini merupakan kesalahan besar, karena tidak sesuai prosedur yang berlaku dan dapat dikategorikan sebagai pidana.

Oleh karena itu, dokter Riza berharap agar kejadian serupa tidak terulang lagi. “Jangan ada lagi dokteroid melakukan tindakan serupa, apalagi harus memviralkan ke media sosial. Sebab tindakan pembedahan, hanya bisa dilakukan oleh dokter yang memiliki sertifikat dan teregistrasi.

“Seorang lulusan kedokteran saja, tidak bisa mengaku dokter jika tidak memiliki surat Standar Registrasi dan sertifikat kompetensi,” tegas dokter Riza.

Sementara di tempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Banggai, AKP Andrian Rizky Lubis yang dikonfirmasi belum bersedia memberikan komentar seputaran laporan polisi yang dibuat Pengurus IDI Cabang Luwuk.

Informasi yang berhasil dihimpun, dokteroid Abdullah Louis saat ini sudah mendekam dibalik terali besi Polres Banggai guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Sedangkan Nabiah, bocah perempuan yang diviralkan bersama Abdullah Louis, sudah dirujuk ke rumah sakit Jantung Harapan Kita Jakarta.

Sebelum dirujuk ke Jakarta, bocah perempuan tersebut sempat dirawat di rumah sakit di Luwuk guna mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Meski kondisi bocah dinyatakan membaik, pihak rumah sakit Luwuk tetap memberi rujukan ke Jakarta mengingat bocah perempuan tersebut menderita penyakit bawaan sejak lahir. (stv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here