Bupati Sigi: Buaya Sungai Palu Bukan “Kiriman” dari Sigi

0
970

SIGI – Pandangan lain Wali Kota Palu, Drs Hidayat MSi soal buaya di Kota Palu yang menilai, buaya yang terus bertambah jumlahnya di Kota Palu ini juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi ditanggapi Bupati Sigi Moh Irwan Lapatta.

Bupati Sigi, Irwan Lapata. (Foto: dok)

Irwan Lapatta via telepon, Kamis (8/2) mengatakan, Pemerintah Kota Palu juga tidak bisa lepas tanggung jawab dan melempar tanggung jawab ke Pemerintah Kabupaten Sigi terkait buaya yang ada di Sungai Palu. Karena menurut Moh Irwan, permasalahan itu merupakan tanggung jawab bersama antara Pemerintah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Sedangkan untuk wewenang dalam menangani permasalahan tersebut dijelaskan, Irwan merupakan tugas dari Pemerintah Pusat dalam hal ini adalah BWS III untuk penataan kawasan daerah sungai (DAS), dan Balai Konsevasi Sumber Daya Alam  (BKSDA) yang bertugas dan bertanggung jawab mengawasi dan memantau peredaran tumbuhan dan satwa yang dilindungi di wilayahnya, salah satunya seperti buaya yang ada di Sungai Palu.

Sehingga lanjut  Irwan, Pemerintah Kota Palu tidak boleh menuding sepihak bahwa keberadaan buaya di Sungai Palu merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sigi semata. Itu semua harus dibarengi dengan bukti-bukti kuat secara hukum kalau memang adanya buaya-buaya yang ada di Sungai Palu merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Sigi.

“Lintasan sungai Palu itu kan Kabupaten Sigi dan Kota Palu. Jadi tidak bisa begitu saja mengarahkan beban tanggungjawab ke Kabupaten Sigi,” jelasnya.

Moh Irwan menjelaskan, dalam sejarah keberadaan buaya di Sungai Palu sudah ada sejak dahulu, hal itu dibuktikan dengan adanya Buaya yang dikenal dengann sebutan La Goroba yang ditembak mati oleh Fischer. Sehingga, Moh Irwan meyakini bahwa buaya yang ada saat ini di Sungai Palu itu merupakan anak dari buaya La Goroba, yang sudah lama beranak pinak dan menjadi semakin banyak.

“Jadi ini bukan karena adanya Mr Hong di Kabupaten Sigi. Datangnya Mr Hong di Kabupaten Sigi mungkin yang paling tahu adalah Hidayat, karena saat itu masih menjabat sebagai Bupati Sigi,” ujar Irwan. (ndr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.