Sudah 13 Kasus Rabies di Sirenja

0
353

DONGGALA-Beberapa desa di Kecamatan Sirenja saat ini terkena virus anjing gila atau biasa disebut dengan istilah medisnya Rabies. Pantauan Radar Sulteng di lapangan, sejumlah desa mengalami serangan rabies yang bersumber dari gigitan anjing gila lalu menyebar ke warga lain. Saat ini para medis di Puskesmas Sirenja telah melakukan penanganan yang intensif untuk menangani kasus yang jumlahnya 13 kasus.

Ilustrasi (@infonawacita.com)

Salah seorang para medis di Puskesmas Sirenja menyebutkan kepada Radar Sulteng, Senin (12/2), kasus ini belum lama terjadi di wilayah Kecamatan Sirenja. Disebutkannya, desa-desa yang kini rawan dan telah terserang rabies berdasarkan keluhan warga yang menjadi pasien di Puskesmas Sirenja. “ Desa-desa itu adalah Lende, Balentuma, Ujumbolu, dan beberapa desa lainnya, “ sebut dia, yang minta namanya dirahasiakan.

Menurutnya, untuk mengantisipasi dan menangani kasus rabies ini Pemkab Donggala melalui Dinas Kesehatan, bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Camat Sirenja Harsan SPd, juga Polsek dan Koramil Sirenja sudah turun meninjau lapangan untuk intevensi penyakit, dan telah melihat derita pasien yang berobat langsung di Puskesmas.

Iapun berharap penyakit rabies ini mampu dicegah dengan baik, dan yang sudah terkena penyakit bisa sembuh kembali. Sebab yang banyak menderita adalah anak-anak berusia 7 hingga 12 tahun, atau anak-anak yang masih bersekolah di Sekolah Dasar.(mch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here