Keluhkan Area Parkir Bandara yang Tidak Dilengkapi CCTV

0
365
Lokasi parkir di area Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, Selasa (13/2). (Foto: Mugni Supardi)

PALU – Salah seorang pengunjung Bandar Udara (Bandara) Mutiara Sis Aljufri Palu mengeluhkan sistem keamanan yang kurang memadai fasilitas penerbangan udara di Kota Palu itu. Pasalnya, mobil pribadinya disenggol oleh mobil lain saat tengah parkir, namun tidak terekam oleh CCTV yang ada di Bandara.

Warga Jalan Lagarutu, Fahmi mengaku, ketika ingin melihat siapa yang menyenggol mobilnya hingga mengalami kerusakan dan meminta diputarkan CCTV yang ada di bandara, namun sayangnya jangkauan CCTV tersebut tidak meng-cover area parkir.  “Rencana ingin mengetahui mobil yang sudah tidak bertanggung jawab itu,” terang Fahmi.

Fahmi juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu yang bertugas di Bandara, namun diketahui area parkir Bandara memang tidak didukung dengan CCTV. “Iya, petugasnya mengakui kalau memang tidak ada CCTV-nya di area parkir, kalaupun ada hanya tidak sampai menjangkau di parkir,” tambahnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu, Benyamin Noach Apituley membenarkan tidak adanya CCTV di area parkir Bandara.  “Tidak semua parkir itu ada CCTVnya, mall saja tidak ada, hanya ada petugas, begitu juga di Bandara,” sebut Benyamin saat di konfirmasi via telepon di Jakarta, Selasa (13/2) kemarin.

Dia menegaskan, sistem pengelolaan parkir di area Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu merupakan kewenangan dari pihak Dinas Perhubungan Kota Palu dan pihak ketiga yang sudah diamanatkan untuk mengurus pembayaran parkir bagi kendaraan roda empat. Sedangkan untuk kendaraan roda dua masih melekat pada koperasi Bandara. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan kendaraan roda dua masih menjadi tanggung jawab pihak Bandara. “Kalau keamanannya ada petugas Dishub yang selalu patroli,” kata Benyamin.

Menurutnya, CCTV hanya terdapat di spot-spot yang harus diamankan. Sedangkan di lokasi parkir, Benyamin sudah memberikan amanat kepada petugas parkir untuk bisa menjaga keamanan di sekitarnya. “Pihak ketiga juga harus bertanggung jawab karena mereka sudah ambil alih parkir Bandara, bukan tanggung jawab Bandara lagi,” tutup Benyamin. (acm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here