Petahana Donggala Nomor 2 dan 3, Morowali Empat Paslon

0
694

DONGGALA-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Donggala melakukan pengundian dan penetapan nomor urut Pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2018. Pengundian nomor urut yang berlangsung di salah satu gedung serba guna di Kelurahan Tanjung Batu tersebut, dihadiri para pengurus dari masing-masing partai politik (Parpol) pengusung.

Tiga Paslon saat memperlihatkan hasil undian penetapan nomor urut peserta Pilkada Donggala tahun 2018, Selasa (13/2). (Foto: Ujang Suganda)

Tak hanya itu ribuan simpatisan dari masing-masing Paslon juga memadati area gedung pelaksanaan pengundian nomor urut Paslon. Waktu masih menunjukan pukul 10.00 wita, namun area sekitar gedung sudah dipadati simpatisan.

Pelaksanaan pengundian nomor urut tersebut juga mendapat pengawalan ketat dari ratusan personel kepolisian Polres Donggala yang dibackup personel dari Polda Sulteng. Di dalam ruangan pun sama, puluhan personel bersenjata lengkap terlihat disiagakan.

Masing-masing paslon juga menggunakan pakaian dengan ciri khas tersendiri. Seperti Bupati petahana bersama Wakilnya Mohammad Yasin yang menggunakan pakaian adat Donggala warna hitam bermotif benang emas serta sarung Donggala dan Siga. Keseragaman pakaian yang digunakan juga terlihat pada paslon lainnya, yaitu paslon Vera Elena Laruni bersama pasangannya Taufik Burhan yang menggunakan batik Donggala berwarna kuning. Sedangkan paslon drg Anita B Nurdin bersma wakilnya Abdul Rahman juga menggunakan batik Donggala berwarna putih.

Pengundian nomor urut pun dimulai, paslon drg Anita B Nurdin dan wakilnya Abdul Rahman mendapat nomor urut 1. Sedangkan paslon Kasman – Yasin mendapat nomor urut 2, dan paslon Vera Elena Laruni – Taufik Burhan mendapat nomor urut 3.

Dihadapan para paslon dan tamu undangan, Ketua KPU Donggala, Muhammad Saleh, mengajak para paslon beserta pendukungnya untuk menjaga stabilitas keamanan Pilkada. Selain itu, dia berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Donggala ikut mensukseskan hajatan Pilkada dengan menggunakan hak suaranya.  “Pilkada adalah pesta demokrasi, pestanya rakyat. Saya harap seluruh rakyat Kabupaten Donggala dan kita semua harus menjaganya agar berjalan sukses, aman dan damai. Dan jangan golput, ” harapnya.

Sementara itu, di Morowali KPU daerah itu menggelar rapat pleno terbuka pengundian dan pengumuman nomor urut dari masing-masing kandidat yang telah memenuhi syarat.

Kegiatan pengundian dan pengumuman nomor urut para kandidat tersebut, di gelar di gedung Serba Guna, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali. Dihadiri empat paslon yang memenuhi syarat, Kapolres Morowali, Dandim 1311 Morowali serta seluruh tim sukses dari empat kandidat tersebut.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 15.00 wita Rabu kemarin (13/2) ini, dimulai dengan pengambilan nomor antrian untuk mengambil nomor urut yang nantinya akan diundi. Dari pengambilan nomor antrian yang diikuti oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Morowali ini, yang mendapat nomor antrian satu adalah pasangan Ambo Dalle-Aminuddin Awaludin (Adam).

Kemudian yang mendapat nomor antrian dua yakni, pasangan Taslim-H Najamudin (Tahajud). Sementara nomor antrian tiga, diraih oleh pasangan Silahudin Karim-Sunardin Firdaus (BERSINAR) dan yang mendapatkan nomor antrian terakhir yakni nomor pasangan Syarifudin Hafid-Chaerudin N Zen (SAH). Pada kegiatan pengambilan nomor antrian ini, terlaksana dengan meriah karena masing-masing tim sukses dari setiap kandidat mengeluarkan seruan dukungan kepada jagoannya.

Setelah pengambilan nomor antrian selesai, acara kembali dilanjutkan dengan pengundian nomor urut. Yang mengambil pertama undian nomor urut sesuai nomor antrian adalah, dari pasangan Adam. Kemudian disusul dengan pasangan Tahajud, dilanjutkan dengan pasangan Bersinar dan yang ditutup oleh pasangan Sah.

Setelah semuanya sudah memegang masing-masing nomor undian, KPU menghitung mundur dari angka tiga sampai angka satu sebelum kotak undian nomor urut tersebut dibuka. Pada hitangan terakhir yakni angka satu, keempat kandidat tersebut langsung mengambil kertas undian yang berada didalam kotak berwarna merah putih.

Hasilnya, nomor urut 1 paslon Tahajud. Nomor urut 2, paslon Adam. Nomor urut 3 paslon Sah. Dan nomor urut 4 paslon Bersinar. Usai pengundian dan pengambilan nomor urut selesai, acara dilanjutkan dengan penyampaian sambutan dari masing-masing kandidat. Dari sambutan ke empat kadidat tersebut, sama-sama mengajak masyarakat Morowali untuk menciptakan rasa aman pada pegelaran Pilkada 2018 ini.

Ketua KPU Kabupaten Morowali Wahyudin Abd Wahid mengatakan, bahwa sesuai peraturan KPU bahwa tiga hari setelah penetapan paslon maka para kandidat sudah mempunyai hak untuk melaksanakan kampanye. Namun, Wahid sapaan akrabnya meminta kepada semua paslon agar menjaga masing-masing regulasi dengan baik.

“Harapan kami, dari prosesi kampanye selalu menjaga regulasi yang ada. Karena yang kami takutkan, jangan sampai ada regulasi yang dilangkahi dari pasangan calon yang berakibat diskualifikasi. Untuk itu, kami mengimbau kepada seluruh pasangan calon, agar pada saat prosesi kampanye kedepannya untuk selalu menjaga marwah Pilkada tahun 2018 ini,”ungkap Wahid.(ujs/fcb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here