Rumah Terbakar di Buol, Tewaskan Seorang Bocah

0
233
Inilah rumah Syamsudin Bilau yang terbakar hebat. (Foto: Ist)

BUOL-Malang tak pernah diminta, tetapi itulah fakta yang terjadi bagi keluarga Syamsudin K Bilau. Rumah yang ditempati bersama keluarganya hangus terbakar. Padahal, Syamsudin Bilau yang merupakan tokoh masyarakat Desa Lamadong I Kecamatan Momunu melihat api yang berasal dari lantai dua rumahnya.

Kemudian membesar dengan cepat. Syamsudin pun secepatnya meminta pertolongan kepada tetangga untuk membantu memadamkan api, serta menyelamatkan harta bendanya.

Api kian membesar dan menjalar sampai ke depan rumah, kemudian pasangan suami istri (Pasutri) Syamsudin Bilau dan istrinya Kasmi Rahmat baru sadar jika di dalam rumahnya yang terbakar tersebut ada anak laki-laki mereka Gio Faldi (9), kelas 3 SD yang masih tidur lelap.

Pukul 16.15 wita, warga yang membantu melakukan pemadaman api secara manual menemukan Gio Faldi telah hangus terbakar di dalam kamar. Oleh warga mayat tersebut dibawa ke depan rumah, dan selanjutnya pukul 16.20 wita, tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Buol yang berjumlah 2 (dua) unit tiba di TKP untuk memadamkan api.

Selanjutnya, jenazah Gio Faldi dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mokoyurli menggunakan mobil ambulance rumah sakit untuk diotopsi. Tak lama kemudian, bala bantuan sebuah kendaraan water canon milik Polres Buol tiba di TKP pukul 16.30 wita, hingga api pun padam sekitar pukul 17.15. Kerugian material tuan rumah diperkirakan ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan beberapa saksi, api diduga berasal dari obat nyamuk Baigon yang lupa dimatikan oleh kakak Gio, Dadang (17) pelajar SMK yang juga sedang tidur di lantai dua. Hal itu diperkuat dengan pernyataan ibunya bahwa saat itu tidak ada kegiatan memasak di dapur, apalagi menyalakan listrik. Sebab, listrik masih padam sejak 09.00 wita.(*/mch)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here