Termahal, Nilai Skuad Man City Capai Rp 14,7 Triliun

0
178

MANCHESTER– Manchester City tak hanya memimpin klasemen sementara Premier League 2017-2018. Klub asuhan Josep Guardiola itu tercatat sebagai tim dengan skuad termahal dalam sejarah sepak bola.

Skuad Man City musim ini termahal sepanjang sejarah sepak bola berdasar CIES Football Observatory. (Foto: AFP)

Berdasar rilis CIES Football Observatory, value para pemain Man City pada musim ini mencapai EUR 878 juta atau setara dengan Rp 14,7 triliun. Man City pun menjadi tim dengan skuad termahal sepanjang sejarah sepak bola.

Langkah The Citizens—julukan Man City, mendatangkan Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao pada Januari lalu membuat mereka makin meninggalkan Paris Saint-Germain. Seperti diketahui, Laporte didatangkan dengan banderol EUR 65 juta.

Paris Saint-Germain sendiri meski memiliki Neymar sebagai pemain termahal di dunia, value skuad mereka hanya EUR 805 juta. Tentunya kalah jauh dibanding Man City. Nilai itu setara dengan Rp 13,5 triliun.

Berdasar Transfermarkt, pemain Man City dengan value termahal adalah Kevin De Bruyne. Dia memiliki nilai sebesar EUR 110 juta. Disusul Raheem Sterling dengan EUR 80 juta dan Leroy Sane serta Sergio Aguero dengan EUR 75 juta.

Di posisi ketiga adalah Manchester United dengan value EUR 747 juta. Raksasa Spanyol, Barcelona berada di posisi keempat dengan nilai EUR 725 juta.

Lantas, bagaimana dengan Real Madrid yang diperkuat sejumlah pemain bintang termasuk Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale? Ternyata nilai skuad Madrid hanya berada di urutan keenam sebesar EUR 497 juta.

Pada musim ini, Man City memang doyan mengumpulkan pemain-pemain berbakat dengan harga yang menjulang. Itu setelah kegagalan mereka meraih gelar juara Premier League pada musim lalu. Guardiola selaku manajer tak membantah bahwa untuk bisa berkompetisi di level atas harus berani membelanjakan banyak uang.

“Ketika Anda ingin bersaing di papan atas, Anda harus membelanjakan banyak uang. Beberapa klub mengeluarkan GBP 300 juta atau GBP 400 juta hanya untuk dua pemain. Kami, membelanjakan dengan jumlah yang sama untuk enam pemain,” sebut Guardiola seperti dilansir Worldfootball.

Sejauh ini, keroyalan yang dilakukan manajemen Man City memang membuahkan hasil positif. Mereka berpeluang besar menjuarai Premier League musim ini. Di Liga Champions, mereka juga masih bertahan. Demikian pula di pentas lokal lain, Piala FA.(jpg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.