Kehadiran Mobil Penyapu Jalan Disebut Tidak Geser Petugas Kebersihan

0
472

PALU – Keberadaan mobil penyapu jalan, yang kini dimiliki Pemerintah Kota Palu, tidak akan serta merta menggantikan kerja-kerja para petugas kebersihan di jalan. Karena kendaraan yang dibeli seharga Rp2 miliar ini, hanya akan membersihkan jalan-jalan protokol.

Operator Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu melakukan pengetesan mobil penyapu jalan di lingkungan Kantor Wali Kota Palu, Rabu (14/2). (Foto: Kartika)

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu, Firman ditemui di ruangan kerjanya, mengatakan, jalan-jalan yang akan dibersihkan mobil ini, hanya jalan protokol seperti Jalan Abdul Rahman Saleh, Jalan Mohammad Yamin, Jalan Juanda, Jalan Mohammad Hatta hingga kompleks pertokoan, serta jalan-jalan yang baru diperbaiki, misalnya MH Thamrin hingga Setia Budi.

“Yang  menjadi fokus mobil ini hanya jalur utama, karena memang kita hitung yang riilnya, dan pekerja penyapu jalan tidak masalah, tetap mereka kerja karena kita punya jalan banyak,” ungkapnya.

Karena menjadi salah satu alat yang memerlukan perawatan khusus, sehingga pihak DLH pun sengaja memberikan pelatihan kepada dua pegawai DLH sebagai operator (supir) dan mekanik untuk ditugaskan menjaga, merawat dan mengoperasikan kendaraan tersebut, karena selain penyapu jalan, juga di fungsikan sebagai pemotong rumput.

“Kendaraann ini dua fungsi, jadi mereka (teknisi) nanti yang akan mengganti fungsi sapu, dengan alat pemotong  rumput,” jelasnya.

Kendaraan dua fungsi tersebut memiliki fungsi pengisap debu, kerikil, dan sampah yang ada di jalan, vakum penyedot sampah basah sampah kering dengan selang sebesar 5 inci, dengan kapasitas tabung atau tempat sampah yang dapat menampung 2 kubik debu, dan rumput atau sampah sebanyak 4 kubik. Adapun proses kerja kendaraan tersebut, juga dibantu dengan air yang harus selalu terisi hingga 170 liter. “Dia ini setinganya bagus, ketika masuk debu atau sampah dalam keadaan basah, otomatis airnya itu kelaur sendiri,” jelasnya. (cr6)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.